visitaaponce.com

Gangguan Kesehatan Mental di Kalangan Pemuda jadi Masalah Darurat di Kanada

Gangguan Kesehatan Mental di Kalangan Pemuda jadi Masalah Darurat di Kanada
Kegiatan Kemah Musim Panas untuk Mengatasi Kesehatan Mental di kalangan Anak Muda di Kanada tahun lalu(Anne-Sophie THILL / AFP)

Di jalan-jalan dan kereta bawah tanah di  Toronto, kota terbesar di Kanada, banyak anak muda terlihat berkeliaran, mata mereka kosong, kadang berteriak-teriak mengeluarkan sumpah serapah yang tidak jelas. Berita di surat kabar juga dipenuhi dengan kisah serangan tak beralasan terhadap orang asing, overdosis, dan penyakit masyarakat lainnya yang terkait dengan kecanduan obat terlarang dan masalah kesehatan mental.

Ini adalah fenomena akut di kota-kota besar di Amerika Serikat yang kemudian mengarah ke utara perbatasan. Di Kanada, pemerintah kekuarangan dana selama beberapa dekade untuk layanan kesehatan mental sehingga membuat banyak anak muda berjuang sendirian, terlebih setelah diterpa pandemi Covid-19 yang mencemaskan.

Bjug Borgundvaag, dokter di sebuah ruang gawat darurat di Rumah Sakit Mount Sinai di Toronto mengungkapkan jumlah anak muda dengan masalah kesehatan mental dan kecanduan di Kanada telah tumbuh secara eksponensial selama lebih dari satu dekade."Kami berusaha melakukan yang terbaik tetapi kami memiliki hal-hal yang sangat terbatas yang dapat kami tawarkan," katanya, seperti dikutip AFP, Rabu (31/5).

Baca juga :  Apa Penyebab Luka Hati Tidak Kunjung Pulih? Ini Kata Psikolog

Di Toronto, situasinya telah mencapai tingkat krisis, sehingga mantan Wali Kota John Tory menyerukan pertemuan nasional untuk mengatasi masalah ini. Menurut David Gratzer di Pusat Kecanduan dan Kesehatan Mental di Toronto., problemnya adalah mereka kekurangan dana.

"Di Kanada, untuk setiap dolar yang kami habiskan untuk perawatan kesehatan, kami membelanjakan tujuh atau delapan sen untuk perawatan kesehatan mental. Jumlah itu terlalu sedikit jika dibandingkan kebanyakan negara maju lainnya,” catatnya.

“Kanada membuat kesalahan besar pada 1960-an dan 1970-an dengan menghilangkan tempat perawatan mental di rumah sakit untuk orang dengan penyakit mental,” kata Gratzer, seorang psikiater.

Baca juga : Stres di Lingkungan Kerja Memengaruhi Kesehatan Mental dan Turunkan Produktivitas

Pada tahun 2022, permintaan layanan psikologis di Ontario meningkat sebesar 50%, dengan lebih dari satu dari dua remaja yang hidup dengan penyakit mental.

Bom Waktu

Beberapa lembaga sosial telah mencoba untuk  membantu persoalan ini, tetapi tidak mampu mengimbangi gelombang besar orang yang kesusahan. "Ini adalah bom waktu," kata Jacques Charland dari saluran bantuan Quebec Ecoute Entraide.

Baca juga : Apa itu Skeptis? Berikut Pengertian, Contoh, dan Cara Menyikapi

"Ini adalah krisis karena memengaruhi semua aspek populasi. Pada populasi dewasa muda dan remaja, jumlahnya menjadi jauh lebih memprihatinkan, " keluh Nzinga Walker, direktur eksekutif Stella's Place.

Terletak beberapa blok dari Pecinan Toronto, Stella's Place, sebuah organisasi/lembaga sosial, menawarkan dukungan kesehatan mental gratis untuk orang berusia 16 hingga 29 tahun yang mengalami tekanan psikologis.

"Layanan tidak tersedia. Hampir di mana pun Anda mencari bantuan, ada daftar tunggu dan ketika seseorang memiliki kebutuhan kesehatan mental atau krisis kesehatan mental, mereka harus masuk daftar tunggu,” kata Walker menambahkan.

Baca juga : Ini yang Dimaksud dengan Beauty Anxiety dan Cara Mengatasinya

Stella's Place dibuka pada tahun 2013 dan baru-baru ini pindah ke fasilitas baru, di mana kaum muda dapat mengakses konseling, program kelompok, dan layanan psikiatri. "Ini mengajari saya berbagai jenis mekanisme untuk membantu mengatasi krisis dan juga menjaga kesehatan mental saya sehari-hari," ujar, Kat Romero, seorang pemuda yang mengalami depresi. Romero yang kini ikut membantu di pusat rehabilitasi tersebut mengatakan, fasilitas ini telah mengubah hidupnya.

Organisasi ini juga melatih kaum muda tentang cara menjangkau komunitas tertentu di mana penyakit mental distigmatisasi.

"Jika Anda berasal dari keluarga imigran, datang ke Kanada saja sudah sangat sulit. Anda diberitahu untuk tidak mencari bantuan dan bahwa Anda harus kuat dan semua hal yang terjadi pada Anda normal," cerita Chantelle Cruzat-Whervin, seorang klien kulit hitam di Stella's Place.

Baca juga : Kebahagiaan Dapat Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik

"Untuk orang kulit berwarna, saya merasa kami tidak memiliki akses ke banyak sumber daya," tambahnya. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat