visitaaponce.com

Perluasan Inklusi Keuangan dengan Layanan Perbankan Tanpa Kantor

Perluasan Inklusi Keuangan dengan Layanan Perbankan Tanpa Kantor
Foto ilustrasi: Petugas melayani nasabah di salah satu agen BRILink, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/1/2023).(ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Tulisan ini merupakan buah karya penerima Beasiswa GenBI yang telah mengikuti pelatihan jurnalistik kerja sama Media Indonesia dengan Bank Indonesia pada bulan Mei 2023.

 

KEBERADAAN perluasan layanan perbankan tanpa kantor yang diinisiasi sejumlah bank sedikit banyak berkontribusi terhadap percepatan inklusi keuangan di Indonesia. Salah satu bank yang menyediakan layanan tersebut adalah PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, yang tercatat memiliki ratusan ribu mitra, atau agen BRILink sebutannya, per Februari 2023.

Agen BRILink merupakan representasi perpanjangan tangan perbankan terhadap masyarakat. Nasabah yang bermitra dengan BRILink dan menjadi agen dapat melayani berbagai transaksi perbankan secara langsung dengan sistem online dan real time. Hal tersebut akan memudahkan masyarakat konsumen untuk menikmati sejumlah layanan dasar perbankan, termasuk mereka yang berada di pelosok.

BRI menyebutkan model bisnis kemitraan ini di samping mendorong percepatan iklusi keuangan, juga untuk terus mewujudkan sharing economy. Sebabnya, kemitraan tersebut didasarkan pada metode sharing fee.

“Kami sangat terbantu dengan adanya agen BRILink ini. Tentunya hal tersebut bisa menjadi tambahan penghasilan bagi kami. Tak hanya menguntungkan bagi kami,  BRILink ini juga sangat membantu bagi para konsumen yang ingin transfer, tarik tunai, setor tunai maupun top up dompet digital. Mereka tak perlu mengunjungi ATM ataupun perbankan yang terkadang harus mengantre panjang,” kata Sofy, salah satu mitra agen BRILink di Ciledug, Kota Tangerang, Jumat (19/5). 

Menurutnya, berbagai layanan serta fitur yang disediakan pada aplikasi BRILink dapat membantu lancarnya sistem keuangan dan usaha di masyarakat mikro. Apalagi, fokus utama BRILink memang untuk memberikan manfaat yang nyata bagi para pelaku UMKM ataupun masyarakat dalam alur masalah transaksi keuangan. Agen BRILink diharapkan mampu menjangkau lingkup masyarakat yang jauh akan fasilitas perbankan. 

Dikutip dari Antara (29/5/2023), BRI memiliki jumlah 654.677 Agen BRILink pada triwulan I-2023. Jumlah tersebut meningkat dari 627 ribu per akhir tahun lalu, sekaligus melampaui target 2023 yang memproyeksikan 615 ribu agen. Sementara itu, jumlah transaksi yang dibukukan tercatat mencapai Rp339,5 triliun selama triwulan pertama tahun ini. Akhir tahun lalu, nilai transaksi yang dihimpun para agen BRILink nyaris mencapai Rp1.400 triliun (Antara, 29/5).

Saat ini, BRILink menyediakan layanan multifungsi yang lazim dilakukan masyarakat awam, seperti pembayaran tagihan, pengiriman uang, pembelian pulsa, pembelian tiket, pembukaan rekening tabungan, dan lain sebagainya.

Di samping relatif mudah ditemukan, keunggulan lain dari BRILink adalah waktu layanan yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan bank. Bahkan beberapa agen BRILink bisa melayani para pelanggan 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Dengan begitu,  masyarakat bisa dilayani ketika akan melakukan transaksi kapanpun sesuai kebutuhan mereka. 

 “Kami sangat terbantu dengan Agen BRILink ini. Saya tidak perlu risau dan bingung ketika hari libur atau weekend saat hendak transaksi keuangan. Saya selalu melakukan transaksi baik transfer, tarik tunai ataupun top up dompet digital hampir setiap hari. Ketika perbankan libur atau sedang ramai sehingga antrean panjang, saya selalu memilih di agen BRILink yang selalu cepat melayani dan tidak ada libur,” ujar Johan, seusai bertransaksi di Agen BRILink, Ciledug, Jumat (19/5). 

Kemudahan serupa juga dirasakan Hasan, nasabah agen BRILink lainnya. Ia merasa terbantu dengan keberadaan agen yang tidak jauh dari tempat tinggalnya ketimbang mesti pergi ke kantor cabang yang lebih jauh. “Rumah saya jauh dari cabang kantor BRI, dulu sebelum adanya agen BRILink ini saya harus ke kantor cabang yang membutuhkan waktu sekitar 40 menit perjalanan. Hal itu tentu menyita waktu dan tenaga  saya, padahal hampir seminggu 3 kali saya harus tarik tunai atau transfer,” ceritanya ketika ditemui di tempat agen BRILink, Selasa (30/5).

“Belum lagi saya harus berpakaian rapi ketika hendak ke sana (kantor cabang) dan hal itu mengurangi fleksibilitas saya. Tetapi, semenjak ada agen BRILink yang letaknya dekat rumah saya sekitar 5 menit perjalanan, saya menjadi lebih terbantu karena mudah, dekat dan lebih fleksibel waktu dan ruang,” imbuhnya.

Pengalaman para nasabah tersebut mencerminkan bahwa masyarakat semakin menggemari transaksi melalui agen BRILink yang menawarkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi. Semakin bertambahnya jumlah agen BRILink harus dibarengi dengan peningkatan layanan dan terobosan baru guna mengikuti perkembangan dunia keuangan nasional maupun internasional. Pada akhirnya, dengan kontribusi yang diberikan oleh pemanfaatan agen BRILink bisa mendorong dan mempercepat inklusi keuangan di masyarakat saat ini. (M-2)

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat