visitaaponce.com

Film Ketika Berhenti di Sini Jadi Medium Merayakan Kehilangan

Film Ketika Berhenti di Sini Jadi Medium Merayakan Kehilangan
Konferensi pers dan perilisan trailer Ketika Berhenti di Sini di Jakarta(MI/Fathurrozak)

FILM Ketika Berhenti di Sini menjadi film kedua bagi Umay Shahab sebagai sutradara. Umay Shahab kembali duduk di kursi sutradara dengan film panjang terbarunya, Ketika Berhenti di Sini. Film ini menjadi film panjang keduanya sebagai sutradara setelah Kukira Kau Rumah. Ini sekaligus menjadi kerja sama kedua Umay bersama Prilly Latuconsina yang berperan sebagai pemeran utama dan produser eksekutif.

Berhenti di Sini berkisah tentang Anindita Semesta (Prilly Latuconsina) yang bertemu dengan Ed (Bryan Domani). Pertemuan yang diawali salah paham, berujung pada perbincangan panjang dan hangat. Mereka pun lalu menjadi sepasang kekasih hingga Ed mengalami kecelakaan dan meninggal. Dita kemudian menjalani hidupnya dan bertemu dengan Ifan (Refal Hady), kekasihnya kini. Tapi, Dita masih dibayangi rasa kehilangan dan belum bisa beranjak dari masa lalu.

“Ide cerita film ini diawali oleh pertanyaan bagaimana kalau suatu saat kita bisa komunikasi lagi dengan yang sudah tiada. Atau dengan siapapun yang kita mau ajak bicara. Mulai dari pertanyaan itu, sampai jadi cerita ini, garis besarnya adalah kehilangan,” kata Umay tentang film Ketika Berhenti di Sini saat konferensi pers dan perilisan trailer di XXI Metropole, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu, (28/6).

Baca juga : Film Budi Pekerti Ditonton Menlu Retno Marsudi, Prilly Latuconsina: Lega!

Di film ini, ada teknologi kecerdasan buatan (AI) yang menjadi properti utama dalam bentuk kacamata. Di trailer, terlihat ketika Dita mengenakan kacamata tersebut, ia bisa berkomunikasi dengan almarhum Ed.

Dalam pengembangan properti kacamata dan konteks teknologi AI tersebut, Umay dan art director juga berkonsultasi dengan salah satu temannya yang merupakan mahasiswa magister tentang kecerdasan buatan di Taiwan ketika itu.

“Kami memakan waktu hampir 1,5 tahun untuk riset dan pengembangan tentang properti kacamatanya,” lanjut Umay.

Baca juga : Sinemaku Pictures Umumkan Tiga Judul Film Baru Tayang 2024

Bagi Prilly sendiri, tema kehilangan menjadi suatu tema yang punya kedekatan bagi siapa pun. Ia mengatakan konteks kehilangan juga tidak terbatas pada seseorang yang dekat atau disayang. Tapi juga bisa terikat pada hal-hal keseharian termasuk hewan peliharaan.

Di film ini, Prilly pun menyebut menjadi tantangan baru baginya karena ia harus bermain dengan emosi yang intens.

“Dita ini karakter yang kompleks banget. Aku pun jadi merasa kesulitan untuk memerankan karakter ini. Bahkan Bryan Domani sempat mengulasku, katanya mana Prilly yang tertawa terus, kok depresif banget kayaknya di sini. Ini karakter terberat yang aku mainkan. Karena Dita ini menyimpan semuanya sendiri. Secara emosi juga tidak bisa ditunjukkan dengan eksplisit,” kata Prilly.

Selain Prilly, Bryan, dan Refal, film ini juga diperankan di antaranya oleh Lutesha, Sal Priadi, dan Indra Brasco. Film Ketika Berhenti di Sini akan tayang di bioskop pada 27 Juli. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat