visitaaponce.com

Ini Obat Alami untuk Meredakan Sakit Perut

Ini Obat Alami untuk Meredakan Sakit Perut
Ilustrasi minuman jahe(Pexels)

MASALAH perut seperti kembung dan mual sangat umum terjadi dan tidak terlalu berbahaya. Namun, apabila terus terasa sakit tentu menyebabkan perasaan tidak nyaman untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Masalah perut tersebut sebenarnya dapat diobati dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

“Pengobatan alami bisa menjadi pilihan pertama yang sangat baik ketika mengobati mual atau sakit perut,” kata Saundra Dalton-Smith, MD, dokter penyakit dalam di Birmingham, Alabama.

Melansir dari situs Real Simple, berikut beberapa pilihan alami yang patut dicoba:

1. Jahe

Jahe telah terbukti bermanfaat untuk mengatasi masalah perut. Jahe memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu menurunkan asam lambung berlebihan yang dapat menyebabkan mual dan gangguan pencernaan, kata Dr. Dalton-Smith. Dengan meningkatkan penyerapan di lambung, jahe membantu meningkatkan proses pencernaan.

Asisten profesor kedokteran dan asisten direktur program persekutuan gastroenterologi di Rumah Sakit Lenox Hill di New York City, AS, Elena A. Ivanina, menyarankan untuk membuat teh jahe agar merasakan manfaat tanaman rimpang itu.

Dia menambahkan ini sangat bermanfaat untuk mengatasi mual di pagi hari selama kehamilan. Untuk membuatnya, kupas dan iris jahe segar secukupnya dan tambahkan air. Didihkan selama 10 menit lalu saring.  Tunggu hingga mencapai suhu ruangan untuk menikmatinya.

2. Chamomile

Chamomile adalah anti-inflamasi yang membantu mengendurkan otot-otot di saluran gastrointestinal (GI) dan mengurangi kontraksi GI yang disebabkan oleh sakit perut, kata Dr. Dalton-Smith.

Anda dapat meminum teh chamomile hangat untuk meredakan sakit perut. 

“Panasnya akan semakin meredakan kram perut yang menyakitkan."

3. Beras

Saat Anda terserang diare, masaklah nasi. Diare tersebut disebabkan oleh bakteri yang mengeluarkan racun sehingga meningkatkan cairan di saluran pencernaan.   

“Beras dapat membantu menyerap sebagian cairan di usus dan mengurangi jumlah tinja yang encer,” kata Dr. Dalton-Smith.

Anda dapat menyantap setengah cangkir nasi untuk meringankan ketidaknyamanan perut.

4. Pisang

Manfaatkan kandungan magnesium dan potasium dalam pisang untuk membantu mengendurkan kejang dan kram otot. Pisang juga dapat membantu mengatasi diare, kata Dr. Dalton-Smith.

Anda dapat menyantap pisang secara langsung saat merasakan perasaan tidak nyaman. 

5. Kefir dan Yogurt

Probiotik dalam kedua makanan ini dapat membantu memerangi bakteri jahat usus yang sering kali menyebabkan kembung, pencernaan yang buruk, dan sakit perut dengan meningkatkan jumlah bakteri baik di usus Anda. 

Saat membeli kefir atau yogurt, hindari yang banyak mengandung bahan tambahan dan pemanis. Sebaliknya, pilihlah versi polos tanpa pemanis dan konsumsilah dalam ukuran porsi biasa, biasanya sekitar setengah cangkir, sekali atau dua kali sehari.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat