visitaaponce.com

Larisnya Waktu Maghrib Sempat Jadi Beban Sutradara Ali Topan

Larisnya Waktu Maghrib Sempat Jadi Beban Sutradara Ali Topan
Konferensi Pers Film Ali Topan(MI/Fathurrozak)

SUTRADARA Sidharta Tata baru-baru ini sukses dengan film panjang debutnya, Waktu Maghrib, yang memperoleh penonton lebih dari 2,4 juta. Terbaru, ia juga tengah menanti tayang film panjang keduanya, Ali Topan, yang diangkat dari novel populer karya Teguh Esha. 

Ali Topan akan tayang perdana (world premiere) di Busan International Film Festival (BIFF) 2023 dan masuk dalam program A Window on Asian Cinema. Program tersebut mempresentasikan film-film dari sutradara baru Asia yang baru memiliki satu hingga dua film.

Ali Topan diproduksi Visinema Pictures bersama Kebon Studio dan Legacy Pictures. Film dibintangi Jefri Nichol dan Lutesha. Dalam menggarap Ali Topan, Sidharta Tata sebenarnya sempat merasa beban karena ini diadaptasi dari kekayaan intelektual (IP) populer lawas yang sudah dikenal publik luas. Di samping itu, tambahan beban baginya adalah film panjang debutnya, Waktu Maghrib, mendapat apresiasi penonton dan berhasil mencatatkan box office.

“Baru bikin film panjang, langsung dua juta penonton untuk Waktu Maghrib. Sebenarnya sih kalau bicara perjalanan membuat film, saya tidak pernah membuat film dengan beban. Selalu menyikapinya bikin film itu harus menyenangkan. Pas disodorin Ali Topan oleh produser, memang sempat agak beban karena ini IP besar. Tapi lewat diskusi bersama, akhirnya itu terlewati dan kami coba membuat Ali Topan versi generasi sekarang,” kata Tata dalam konferensi pers yang berlangsung di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (7/9).

Baca juga: Ali Topan, Simbol Perlawanan Anak Muda yang Selalu Relevan

Terkait film panjang debutnya, Tata juga menyinggung dirinya memiliki parameter filmnya harus ‘berbunyi.’ 

“Bunyinya seperti apa, ya mungkin salah satunya 2,4 juta penonton. Itu yang merasa jadi beban buat saya. Habis ini mau bikin apa lagi? Untungnya Angga (Dwi Sasongko) selalu bilang jangan sampai terbebani dengan jumlah penonton,” sambung Tata.

Film Ali Topan akan berangkat ke Busan bersama 24 Jam Bersama Gaspar sebagai dua film yang diproduksi Visinema Pictures.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat