visitaaponce.com

Kemeriahan Perayaan Tahun Baru Islam SMA Muhammadiyah 3 Jakarta

Kemeriahan Perayaan Tahun Baru Islam SMA Muhammadiyah 3 Jakarta
Peserta mengikuti lomba perayaan tahun baru Islam di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta(Dok Mikail Ahmad)

Pengantar: Pada 28 dan 31 Juli, Media Indonesia bekerja sama dengan Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal (Dikdasmen PNF) PP Muhammadiyah menggelar pelatihan Reporter Muda (Repmud). Sebanyak 35 siswa tingkat SMA/SMK mengikuti program ini. Setelah pelatihan, para siswa membuat berita hasil liputan masing-masing. Berikut adalah tulisan yang terpilih sebagai peringkat 9 tingkat SMA/SMK;

TAHUN baru Islam yang jatuh pada 1 Muharram 1445 H atau bertepatan dengan hari Rabu, 19 Juli 2023 M merupakan salah satu momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain perayaan tahun baru Islam, tanggal 1 Muharram juga selalu menjadi pengingat atas peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya dari kota Makkah ke kota Madinah pada 622 M. Sesuai apa yang dianjurkan oleh sebagian besar ulama, setiap tahun baru Islam harus disambut dengan meriah dan tentunya penuh dengan makna.

SMA Muhammadiyah 3 Jakarta merupakan salah satu sekolah yang turut serta memeriahkan tahun baru Islam 1445 H dengan cara mengadakan lomba-lomba bernuansa Islami. Di tahun ini, dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1445 H, SMA Muhammadiyah 3 Jakarta mengadakan kegiatan Gema Muharram 1445 H dengan tema “The Spirit Hijrah for New Chapter”.

“Gema Muharram 1445 H merupakan ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh ISMUBA dan IPM SMA Muhammadiyah 3 Jakarta untuk memperingati tahun baru Islam 1445 H, kegiatan ini bertujuan agar para pelajar bisa lebih ingat terhadap tahun baru Islam dan menanamkan pemahaman kita harus selalu mengistimewakan hari-hari besar Islam,” kata wakil ketua panitia Gema Muharram 1445 H, Finia Khairani.

Di tahun ini, SMA Muhammadiyah 3 Jakarta mencoba keluar dari zona nyaman, sebelumnya kegiatan hanya mengikutsertakan siswa/siswi internal, namun kali ini para pelajar di luar SMA Muhammadiyah 3 Jakarta juga diikutsertakan dalam kegiatan.
 
“Tim ISMUBA dan IPM SMA Muhammadiyah 3 Jakarta mencoba terobosan baru, membuat perlombaan yang diikutin pihak internal maupun eksternal. Selain itu terobosan ini juga diharapkan bisa menjadi ajang untuk menunjukkan eksistensi kami di masyarakat. Diharapkan juga Gema Muharram 1445 H ini dapat menjadi ajang pembelajaran bagi para penyelenggara untuk bisa lebih baik ketika menyelenggarakan lomba yang sifatnya eksternal,” ungkapnya.

Ragam Lomba

Gema Muharram 1445 H ini terbagi menjadi dua sesi perlombaan, yang pertama yakni lomba internal yang diselenggarakan pada Kamis, 27 Juli 2023, dengan 3 cabang perlombaan, yakni : Islamic Show Class, Fashion Show Islami dan Instagram Reels. Sedangkan sesi kedua yakni lomba eksternal diselenggarakan pada Sabtu, 29 Juli 2023, dengan total 6 cabang perlombaan, yakni : MHQ, MTQ, Story Telling Islami, Cerdas Cermat Islami, Lagu Islami, dan adzan.

Seluruh perlombaan, baik internal maupun eksternal diselenggarakan di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Untuk lomba internal, seluruh kelas yang ada di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta diwajibkan untuk ikut serta. Lomba Islamic Show Class menjadi ajang unjuk gigi bagi seluruh kelas di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta lewat dekorasi di tiap kelas. Setiap angkatan memiliki tema masing-masing yang ditentukan panitia.

Kemudian Fashion Show Islamic merupakan ajang fashion show bernuansa Islami, dengan tema yang juga ditentukan oleh panitia dan dibedakan di setiap angkatan. Di perlombaan ini, setiap kelas diminta untuk mengirim perwakilan sejumlah 3 orang dengan rincian: seorang model laki-laki, seorang model perempuan, dan seorang tata rias. Lalu, Instagram reels merupakan perlombaan yang bersifat online, setiap kelas diharuskan membuat dokumentasi selama kegiatan Gema Muharram 1445 H, lalu diunggah melalui instagram reels.

Untuk lomba eksternal, Gema Muharram 1445 H SMA Muhammadiyah 3 Jakarta memiliki 6 cabang perlombaan, yakni : MHQ, MTQ, Adzan, Story Telling Islami, Cerdas Cermat Islami, dan Lagu Islami. Setiap cabang perlombaan tentunya memiliki perbedaan jumlah partisipan, untuk jumlah partisipan terbanyak terdapat pada lomba MHQ, namun cabang perlombaan yang memakan waktu cukup lama ialah lomba adzan.

“Partisipan dari lomba adzan ini berjumlah 26 orang, jika ditotal antara SMP dan SMA, mungkin tidak sebanyak MHQ, namun 26 partisipan ini membuat kami cukup kewalahan untuk mengatur waktu, karena setiap peserta biasanya membutuhkan waktu 7-9 menit untuk tampil,” tutur koordinator lomba adzan, Amar Prasojo.

Kegiatan Gema Muharram 1445 H SMA Muhamamadiyah 3 Jakarta ini dibuka dan ditutup dengan seremonial tertentu. Panitia langsung mengumumkan pemenang dari tiap-tiap cabang perlombaan, sekaligus memberikan hadiah simbolis berupa sertifikat dan piala bagi pemenang di waktu penutupan acara.

“Untuk pelaksanaan lomba, penutupan, sekaligus penyerahan hadiah, Alhamdulillah berhasil kami tuntaskan dalam satu hari. Tidak hanya pemenang yang mendapatkan penghargaan, untuk para partisipan lain yang belum menjadi pemenang tetap bisa mendapat e-sertifikat sebagai tanda pernah mengikuti lomba di Gema Muharram 1445 H SMA Muhammadiyah 3 Jakarta," tukas Finia.(M-4)

Opini Muda

Farzan Fatahillah (17)
XII IIS 6
SMA Muhammadiyah 3 Jakarta

“Saya rasa dengan adanya lomba fashion show Islami ini perayaan tahun baru islam akan terasa jauh lebih berkesan bagi para pelajar, karena tidak kaku dan tidak membosankan. Adanya lomba fashion show ini juga melatih kepercayaan diri bagi para siswa/siswi yang menjadi model maupun penata rias. Selain itu, perlombaan ini juga memfasilitasi  siswa/siswi yang ingin menjadi model ataupun penata rias untuk mencoba menjadi model atau penata rias asli.”

M. Arsya Dharya Polem (17)
XII IIS 6
SMA Muhammadiyah 3 Jakarta

“Lomba islamic show class sangat menguji kekompakkan kami, selain itu kreativitas kami untuk mendekorasi kelas semenarik mungkin juga diuji. Tentunya lomba ini sangat bermanfaat, karena kelas kami terlihat lebih indah meskipun hari pelaksanaan lombanya juga sudah lewat.”(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat