visitaaponce.com

Ritual Kopi bersama Koleksi Kopi Reviving Origins oleh Nespresso

Ritual Kopi bersama Koleksi Kopi Reviving Origins oleh Nespresso
Ferdiansyah, Coffee Specialist Nespresso sedang menjelaskan ritual kopi di Butik Nespresso Plaza Indonesia, Rabu (25/10).(MI/Joan)

MINUM kopi merupakan kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Namun di balik kebiasaan yang sederhana itu ternyata ada ritual yang dapat dilakukan saat minum kopi. 

“Ada yang namanya coffee ritual, jadi bagaimana Anda mengenal dan menikmati kopi Anda,” tutur Ferdiansyah, Coffee Specialist Nespresso pada media gathering di Jakarta, Rabu (25/10). 

Ferdiansyah melakukan ritual kopi ini menggunakan koleksi kopi Reviving Origins oleh Nespresso yang diluncurkan kembali di tahun ini. Langkah pertama ialah memperhatikan lapisan atas kopi (crema) berupa lapisan berbuih pada permukaan kopi. Crema sering kali dianggap sebagai indikator kualitas kopi yang tinggi. Ini adalah awal yang baik untuk mengidentifikasi cita rasa dan kualitas kopi yang Anda sedang nikmati. 

Baca juga : Di Balik Tren Kopi, Terkandung Banyak Dampak

“Jadi di atas ini bukan susu, bukan foam apa pun. Jadi ini adalah minyak dari biji kopinya yang terpisah pada saat proses ekstrasinya,” lanjutnya.

Langkah selanjutnya ialah mencium aroma kopi. Anda bisa langsung menciumnya langsung atau dengan sedikit menyapu crema untuk membangkitkan aroma dari kopi tersebut. 

“Nah yang terakhir untuk enjoy kopinya, sudah pasti di slurp,” ujar Coffee Specialist Nespresso tersebut. 

Baca juga : Inilah Tujuh Event Menarik di Pameran Food & Hotel Indonesia 2023

Slurp atau diseruput dianjurkan dilakukan dalam sekali seruput yang bertujuan agar saat masuk ke dalam mulut, kopi dapat tersebar ke dalamnya secara rata. Jika sudah tersebar dengan rata, maka jenis dan aroma yang ditimbulkan kopi dapat Anda nikmati secara maksimal.

Nespresso, sebagai pelopor inovasi dalam dunia kopi, telah meluncurkan kembali koleksi kopi Reviving Origins. Ini merupakan sebuah inisiatif yang menonjolkan komitmen perusahaan untuk memberikan pengalaman rasa kopi yang unik, dengan pendekatan yang sangat mengedepankan aspek lokal, serta proses produksi yang disesuaikan dengan negara asalnya. Koleksi kopi ini memiliki cerita luar biasa karena dihasilkan dari perkebunan dan komunitas kopi yang hampir lenyap dari peta dunia kopi, akibat berbagai faktor eksternal, seperti konflik politik, tekanan ekonomi, bahkan bencana alam.

Sebagai bukti nyata dari komitmen Nespresso terhadap praktik berkelanjutan, koleksi kopi Reviving Origins mencakup tiga kopi musiman yang berhasil diselamatkan dari ambang kepunahan. Rangkaian kopi ini melibatkan kolaborasi antara para ahli kopi, peneliti, petani, dan ahli lingkungan, yang menggunakan teknik yang berbeda untuk menghasilkan kopi di atas standar dengan rasa yang unik. Koleksi ini tidak hanya menawarkan secangkir kopi lezat bagi para penggemar kopi, tetapi juga membawa pesan kuat tentang keberlanjutan dan regenerasi komunitas kopi di seluruh dunia.

Baca juga : Lengkapi Wisata Kuliner, Kini Et Al Coffee Telah Hadir di Cianjur

Keunikan Amaha Awe Uganda
Koleksi Reviving Origins dari Nespresso termasuk kopi Amaha Awe Uganda, Esperanza de Colombia, dan Cafecita de Cuba. Praktik-praktik berkelanjutan di Uganda memungkinkan petani untuk menghasilkan biji kopi dengan cita rasa yang kaya dan karakter yang alami, menghadirkan nuansa langka kayu cendana dan keindahan bunga yang elegan. “Untuk Uganda memiliki intensitas 8 dari 13, jadi bisa dikategorikan sebagai medium, tidak terlalu intense dan tidak terlalu ringan,” jelas Ferdiansyah.

Biji kopi untuk Amaha Awe Uganda ini diambil dari perkebunan kopi yang terbentang kurang lebih 120 km di Barat Uganda. “Daerah ini lumayan lama ditinggalkan, karena ada konflik di situ,” tambah Ferdiansyah. 

Kopi ini cukup unik karena penanamannya dikelilingi pohon pisang dan menyebabkan tanahnya memiliki nutrisi yang khas dari pohon pisang. Hal itu juga membuat kopi ini memiliki sedikit rasa dan aroma pisang, bahkan Anda dapat merasakan buah nangka di kopi ini.

Baca juga : Kopitiam dari Singapura Heavenly Wang Telah Bersertifikat Halal

Meskipun pegunungan Rwenzori di Uganda memiliki kondisi yang sangat cocok untuk pertumbuhan kopi Arabika, potensinya belum tereksplorasi karena kurangnya praktik pertanian yang sesuai. Nespresso memberikan pelatihan mengenai praktik-praktik pertanian yang membantu mengubah pola budaya pertanian petani kecil, membuka peluang untuk meningkatkan kualitas dan nilai kopi. Dengan mendirikan kebun bibit kopi di komunitas, benih kopi ditanam untuk menyegarkan pohon-pohon Arabika yang sudah tua di pegunungan Rwenzori.

Kemudian ada Esperanza de Colombia dengan aroma buah-buahan hingga wine. Sementara jenis biji kopinya adalah full arabica. Intensitas pahitnya di kategori bawah dan tingkat keasamnya di kategori menengah. Esperanza de Colombia dapat disajikan sebagai espresso.

Lima puluh tahun konflik di Caqueta, Kolombia yang menyebabkan banyak petani meninggalkan lahan mereka. Ketika perjanjian perdamaian datang, Nespresso bekerja sama dengan petani lokal. Program Reviving Origins jangka panjang Nespresso mendukung koperasi pertanian dan meningkatkan infrastruktur serta praktik pertanian sehingga kopi dapat berkembang kembali. 

Baca juga : Lakukan Reposisi, Fore Coffee Sajikan Minumen Trendi Tapi Ramah di Kantong

Pelatihan bersama agronom memungkinkan petani menerapkan praktik-praktik terbaik dalam pertanian dan keberlanjutan, untuk membangun infrastruktur dan rantai pasokan yang kuat memastikan kopi dapat sampai ke Anda.

Selanjutnya ada Cafe de Cuba dari Nespresso yang memiliki nuansa kayu dan daun tembakau yang kuat. Dengan intensitas 10/13, Anda akan merasakan rasa pahit yang hampir maksimal, juga tingkatan roasting yang tinggi. Di sisi lain, tingkat keasaman kopi Kuba ini dalam level yang rendah. 

Tiga Pilar Program AAA
Mark Senior, Senior Vice President dari Kanmo Group, distributor resmi Nespresso di Indonesia, meyampaikan, "Reviving Origins adalah bukti nyata dari upaya keberlanjutan Nespresso karena didasarkan pada peran penting para pencinta kopi dalam perjalanan kami. Kami percaya bahwa para pecinta kopi di Indonesia tidak hanya akan menikmati profil rasa kopi yang unik, tetapi juga akan menghargai dedikasi, keahlian, dan kecanggihan yang ditanamkan dalam setiap cangkirnya.” 

Baca juga : KFC Indonesia Hadirkan Ayam Goreng Cita Rasa Korea di Bulan Ini

Koleksi ini tidak hanya membawa rasa mewah semudah satu sentuhan tombol, tetapi juga menghubungkan kita dengan cerita ketangguhan dan regenerasi dari komunitas kopi di seluruh dunia. “Dengan kata lain, koleksi ini memiliki makna yang berarti dalam memperlihatkan kekuatan pengadaan kopi secara berkelanjutan," lanjut Mark.

Namun, tidak hanya koleksi kopi Reviving Origins yang menjadi sorotan pada tahun ini. Nespresso juga merayakan ulang tahun yang ke-20 dari program AAA Sustainability Quality milik mereka. Program ini pertama kali diperkenalkan dengan tujuan menciptakan pertanian dan pengadaan kopi yang berkelanjutan, dengan perhatian khusus pada aspek lingkungan dan masyarakat adat. 

Selama dua dekade, program AAA telah menjadi pilar utama dalam bisnis Nespresso, memimpin komunitas kopi global menuju pertanian yang mampu melakukan regenerasi. Program ini juga telah memainkan peran penting dalam menyelamatkan varietas kopi yang terancam punah dari seluruh dunia. Ini berarti bahwa para pecinta kopi dapat dengan lebih mudah menikmati dan menghargai rasa kopi yang unik.

Baca juga : Sikay Coffee, Tempat Nongkrong Santai di Daerah Cimangggis, Depok

Mark Senior menambahkan, "Program AAA Sustainability Quality milik Nespresso memiliki pendekatan pertanian berkelanjutan yang disesuaikan dengan daerah asal perkebunan kopi. Program ini dibuat bersama dengan organisasi nirlaba internasional Rainforest Alliance pada tahun 2003 dengan tiga pilar inti yaitu kualitas, budaya sosial dan lingkungan alam (socio-culture), serta produktivitas.” 

Ketiga pilar ini juga mencakup tiga penggerak strategis milik AAA: kualitas, regeneratif, dan inklusivitas. Melalui program ini, Nespresso menawarkan kerangka teknis guna mendukung petani lokal dalam menciptakan pertanian berkelanjutan, yang akan menghasilkan kopi dengan kualitas dan kuantitas tinggi. Program AAA ini juga menjadi platform bagi Nespresso untuk membangun hubungan jangka panjang dengan para komunitas petani, di mana mereka dapat mengembangkan solusi inovatif bersama menuju pertanian yang tangguh dan tahan terhadap perubahan, sehingga memastikan mata pencaharian yang berkelanjutan bagi para petani.

Penting untuk dicatat bahwa kepedulian terhadap kopi, komunitas, dan lingkungan alam adalah motor penggerak di balik program AAA Sustainability Quality. Program ini dirancang untuk memastikan pasokan kopi berkualitas dalam jangka panjang melalui serangkaian pelatihan yang memberdayakan petani. Dengan demikian, program ini berkontribusi pada penyediaan kopi premium dalam jumlah yang lebih besar melalui praktik yang berkelanjutan.

Program AAA, yang pertama kali dimulai dengan 300 petani di Kosta Rika pada tahun 2003, telah berkembang dan saat ini mencakup lebih dari 150.000 petani di 18 negara, termasuk Indonesia. Lebih dari tujuh juta pohon telah ditanam oleh Nespresso dan mitra-mitranya dalam program AAA sejak tahun 2014, menunjukkan komitmen mereka dalam reboisasi dan pelestarian lingkungan. Bahkan lebih mencengangkan adalah bahwa 93% kopi Nespresso saat ini didapatkan dari petani yang bersertifikasi AAA. Dalam rangka pengadaan program ini, Nespresso telah berinvestasi lebih dari 47 juta CHF. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat