visitaaponce.com

Ingin Kulit Selalu Sehat Ini Cara Pakai Pelembap yang Tepat

Ingin Kulit Selalu Sehat? Ini Cara Pakai Pelembap yang Tepat
Mengoleskan pelembap terlalu banyak dan terlalu sering dapat menyebabkan muncul jerawat, komedo, pori-pori tersumbat, benjolan, dan kering.(123RF)

MENJAGA kelembapan kulit memang sangat penting. Selain dapat membuat kulit lembut dan kenyal, juga mencegahnya dari penuaan dini. Namun, apakah aplikasi pelembab yang terlalu sering dapat membuat kulit semakin lembut dan kenyal atau justru berbahaya bagi kulit?

Menurut Dr Rinky Kapoor, ahli bedah kulit di The Esthetic Clinics, India, mengoleskan pelembap terlalu banyak dan terlalu sering dapat menyebabkan kulit lebih banyak jerawat, komedo, pori-pori tersumbat, benjolan, dan kekeringan pada kulit.  Hal ini terjadi karena hanya sedikit pelembab yang dapat diserap oleh kulit.

"Banyak orang berisiko menggunakan pelembap berlebihan dan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kulit daripada manfaatnya,” kata Dr Kapoor, seperti dikutip dari situs Healthshots.


Bahaya

Saat Anda mengaplikasikan pelembab berlapis-lapis, ada dua hal yang bisa terjadi:

1. Kulit menjadi kusam
Pelembab ekstra hanya menempel di kulit, pelembab tersebut dapat menarik debu dan polutan serta tidak membiarkan kulit bernapas. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kusam dan kering.

2. Kulit mulai kehilangan nutrisi
Penggunaan pelembab secara berlebihan dapat membuat kulit kehilangan nutrisi alami dari tubuh. Hal ini disebabkan pelembab berlebihan dapat mengurangi produksi sebum alami sehingga menyebabkan kurangnya nutrisi pada kulit.


Pelembab Alami

Dr Kapoor merekomendasikan untuk memakai pelembab alami. "Ini termasuk madu, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, minyak zaitun, shea butter, mentimun, oat, minyak bunga matahari dan wortel, serta lidah buaya," paparnya.

"Bahan-bahan tersebut mengandung vitamin A, E, K, dan D yang melembapkan, memiliki sifat antioksidan, dan bersifat anti penuaan. Cocok untuk semua jenis kulit dan mudah didapat,” lanjut Dr Kapoor.

Namun, Anda perlu ingat pelembab apapun termasuk pelembab alami tetap tidak boleh digunakan secara berlebihan.


Langkah-langkah menjaga kelembapan kulit yang benar.

Dr Kapoor merekomendasikan langkah-langkah yang benar untuk menjaga kelembapan kulit yang benar, sebagai berikut.

- Membersihkan kulit
- Melakukan eksfoliasi, jika diperlukan, untuk mengangkat sel kulit mati.
- Memakai pelembab seukuran kacang polong di setiap sisi wajah dan oleskan secara merata pada kulit. Pelembab akan terserap sepenuhnya dalam beberapa menit. Pelembab bisa dipakai setiap pagi dan malam hari. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat