visitaaponce.com

Nintendo Revisi Perkiraan Laba Bersih

Nintendo Revisi Perkiraan Laba Bersih
gim konsol Nintendo(BERTRAND GUAY / AFP))

Perusahaan raksasa gim asal Jepang Nintendo menaikkan perkiraan laba bersih tahunannya. Hal itu dipicu melemahnya yen dan penjualan konsol Switch yang stabil.

“Penjualan tumbuh dalam tiga kuartal pertama untuk rilisan besar, termasuk gim Zelda terbaru,” kata perusahaan itu, ementara film Super Mario ikut mendongkrak penjualan gim dari franchise Mario.

Nintendo kini memperkirakan laba bersih sebesar 440 miliar yen (US$2,96 miliar) pada tahun ini, naik dari perkiraan yang diumumkan sebelumnya sebesar 420 miliar yen.

Baca juga : Remaja AS ini Menjadi Manusia Pertama yang Mengalahkan Gim Tetris

“Tahun fiskal ini adalah tahun ketujuh sejak peluncuran Nintendo Switch, namun penjualan tetap stabil dan terdapat lebih banyak pengguna gim tahunan dibandingkan sebelumnya,” kata Nintendo.

Switch, baik perangkat genggam maupun yang kompatibel dengan TV, menjadi perangkat pengalih perhatian yang wajib dimiliki oleh semua kelompok umur selama pandemi Covid, namun demam seputar gadget perlahan memudar.

Perusahaan yang berbasis di Kyoto ini menjual 13,74 juta konsol Switch pada April-Desember 2023, turun 7,8% dibandingkan tahun lalu.

Baca juga : Nintendo Jual 10 Juta Gim Zelda dalam Tiga Hari

Spekulasi tersebar luas bahwa Nintendo akan segera mengumumkan konsol baru untuk menggantikan Switch, meskipun perusahaan sejauh ini masih bungkam mengenai rencananya.

“Tidak mengherankan jika mesin generasi berikutnya diumumkan kapan saja,” kata Hideki Yasuda, analis di Toyo Securities, mengatakan kepada AFP.

Sam Naji, direktur perusahaan analitik dan konsultasi video game SJN Insights, menambahkan bahwa pengumumannya mungkin akan dilakukan pada musim panas ini, dengan peluncuran kemungkinan besar pada bulan November untuk memanfaatkan penjualan pada libur Natal.

Baca juga : Legend of Zelda, Gim Lawas Nintendo Kembali Dirilis

"Mereka harus menentukan waktu yang tepat karena mereka menyadari fakta bahwa begitu mereka mengumumkannya, penjualan Switch (yang sudah ada) mungkin akan anjlok, atau setidaknya turun secara signifikan," kata Naji kepada AFP.

Karena Nintendo Switch dirancang untuk memenuhi dua pasar – generasi tua yang memainkannya sebagai konsol, dan gamer muda yang menggunakannya sebagai perangkat genggam – akan menjadi tantangan untuk menghasilkan produk baru, kata Naji.

Laba bersih Nintendo pada tiga kuartal pertama naik sekitar 18% dibandingkan tahun lalu menjadi 408 miliar yen. “Melemahnya yen, yang meningkatkan keuntungan bagi eksportir Jepang, berdampak positif pada penjualan bersih,” kata perusahaan itu. (AFP/M-3

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat