visitaaponce.com

Perekonomian Indonesia yang Baik Dorong Gojek Jadi Decacorn

Perekonomian Indonesia yang Baik Dorong Gojek Jadi Decacorn
gojek(ilustrasi dok.mi)

GOJEK menjadi perusahaan berbasis digital pertama asal Indonesia yang menyandang status decacorn. Menurut laporan lembaga riset CB Insights dalam The Global Unicorn Club, valuasi Gojek sudah menembus angka US$10 miliar atau setara Rp141 triliun dan menduduki peringkat 19 secara global.

Peneliti Departemen Ekonomi Centre for Strategic dan International Studies (CSIS) Deni Friawan mengungkapkan hal tersebut merupakan gambaran positif yang merefleksikan kondisi perekonomian di Indonesia.

Dengan dinobatkan menjadi decacorn, artinya Gojek memiliki nilai yang sangat luar biasa. Para investor meyakini perusahaan itu memiliki potensi dan prospek yang begitu cerah di masa depan.

Baca juga : Mistral AI Raih Dana Sebesar 385 Juta Euro dan Jadi Pemain Utama AI di Eropa

"Semua kepercayaan itu tentu datang karena berbagai faktor, yang utamanya adalah kondisi perekonomian di Indonesia. Dengan berinvestasi dalam jumlah besar, para penanam modal pasti percaya bahwa Indonesia akan terus bertumbuh menjadi negara besar dengan tingkat perekonomian yang positif," ujar Deni kepada Media Indonesia, Jumat (5/4).

Tidak mungkin, lanjutnya, sebuah perusahaan bisa berkembang dengan baik di tengah situasi negara yang tidak memunyai pertumbuhan ekonomi yang bagus.

"Kalau mereka percaya kepada perusahaan di sini, artinya mereka percaya kepada Indonesia," sambungnya.

Baca juga : Industri Teknologi Israel Goyang Selama Perang dengan Hamas

Selain itu, beralihnya Gojek dari unicorn menjadi decacorn juga mencerminkan pergerakan ekonomi digital di Indonesia akan semakin berkembang di masa mendatang.

"Kita punya infrastruktur yang mumpuni dengan total penduduk yang juga begitu besar. Sumber daya manusia kita juga bisa mengimbangi perkembangan digitalisasi dunia. Itu semua yang membuat kita akan semakin banyak dilirik para investor," ucapnya.

Bukan tidak mungkin, dalam beberapa waktu ke depan, perusahaan-perusahaan platform digital lain seperti Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak juga akan menyusul prestasi Gojek saat ini. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat