visitaaponce.com

Dorong Potensi Parekraf, Sandiaga Singgung Wisata Religi di Gresik

Dorong Potensi Parekraf, Sandiaga Singgung Wisata Religi di Gresik
Menparekraf Sandiaga S Uno(ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pemerintah daerah di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, untuk menggali potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) unggulan daerah.

Dia menjelaskan Gresik merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal sebagai kota religius dan dijuluki sebagai ‘Kota Wali’ karena terdapat dua makam tokoh Wali Songo dan makam wali-wali penyebar ajaran agama Islam lainnya.

“Dalam kaitannya dengan pariwisata, Kabupaten Gresik harus bisa menggali dan memanfaatkan potensi atau karakter daerahnya. Untuk wisata religi, Gresik memiliki dua makam wali, yaitu makam Sunan Giri dan Makam Maulana Malik Ibrahim dan keduanya saya sudah pernah kunjungi," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (30/3).

Baca juga: Sandiaga Uno Janji Bantu Kembangkan Destinasi Wisata di Gresik

Pihaknya menyebut, sebaran pelaku usaha pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Timur mencapai sebanyak 4.428 pelaku usaha dan 35,8% di antaranya bergerak pada usaha kuliner.

“Hal itu, perlu kita tingkatkan ke depan baik dari sisi kualitas dan kuantitasnya. Kita juga mendorong creative city network di Gresik," ucap Sandiaga.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mendorong pengembangan desa wisata di daerah tersebut, yang dianggap merupakan bagian penting dari pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan.

“Desa wisata ke depan akan menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi, desa-desa wisata sebagai salah satu kekuatan pariwisata nasional sehingga dapat membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," pungkas Sandiaga.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat