visitaaponce.com

Jalan Tol Terpanjang Indonesia Dukung Konektivitas di Sumatra

Jalan Tol Terpanjang Indonesia Dukung Konektivitas di Sumatra
Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Trans Sumatera, Desa Sababalau, Lampung Selatan, Lampung, Selasa (18/5/2021)(ANTARA/ARDIANSYAH)

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebut, Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang 189 kilometer yang merupakan jalan tol terpanjang, mendukung konektivitas di Sumatra.

Mengutip lama resmi BPJT pada Minggu (23/5), dengan waktu pembangunan kurang dari 2,5 tahun dan sudah beroperasi sejak 2019 lalu, Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memecahkan rekor yakni pembangunan tol terpanjang di Indonesia.

Baca juga: Sandiaga Janji Datangkan Investasi Rp1 Triliun di KEK Singosari

BPJT menuturkan, jalan tol ini memiliki peran penting dalam meningkatkan konektivitas antara provinsi Lampung dengan Sumatra Selatan.

Kemudian tol itu dikatakan juga terhubung dengan berbagai kawasan-kawasan produktif, yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi biaya logistik, dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Pulau Sumatra. 

Dketahui, tol yang dibangun sejak Juli 2018 ini memakan anggaran Rp21,95 triliun. Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung terbagi menjadi 2 seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 112 km. Kemudian Seksi II ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 77 Km.

Nantinya Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ditargetkan akan tersambung dari Lampung hingga Aceh pada tahun 2024 mendatang. Hingga saat ini telah beroperasi sepanjang 653 Km yang terdiri dari 9 ruas tol. Ke-9 ruas tol tersebut yakni :

1. Bakauheni - Terbanggi Besar 140 Km

2. Terbanggi Besar - Kayu Agung 189 Km

3. Kayu Agung - Palembang - Betung 38 Km

4. Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 Km

5. Medan - Binjai 13 Km

6. Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi 62 Km

7. Palembang - Indralaya 22 Km

8. Sigli - Banda Aceh Seksi 4 14 Km

9. Pekanbaru - Dumai 132 Km. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : HUMANIORA

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat