visitaaponce.com

Bendungan Paselloreng akan Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

Bendungan Paselloreng akan Perkuat Ketahanan Pangan Nasional
Presiden Joko Widodo memberi hormat di Kepresidenan Indonesia 1 saat tiba di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.(MI/Sepres/Laily Rachev.)

PRESIDEN Joko Widodo mengungkapkan Bendungan Paselloreng di Wajo, Sulawesi Selatan, yang baru saja diresmikan akan memperkuat status provinsi tersebut sebagai salah satu lumbung pangan nasional. Untuk bisa mencapai ketahanan pangan, suatu daerah membutuhkan suplai air yang berkelanjutan.

"Air itu akan ada kalau kita memiliki sebanyak-banyaknya bendungan," ujar Jokowi saat meresmikan Bendungan Paselloreng di Sulawesi Selatan, Kamis (9/9). Infrastruktur yang menelan biaya Rp771 miliar itu juga sudah dilengkapi dengan Bendung Irigasi Gilireng yang berfungsi sebagai penyalur air ke berbagai daerah.

Dengan kapastias tampung mencapai 138 juta meter kubik dan luas genangan 1.258 hektare (ha), Bendungan Paselloreng mampu mengairi hingga 8.500 ha sawah. "Kami harap dengan suplai air yang ada, frekuensi tanam akan meningkat dari satu menjadi dua atau tiga kali per tahun. Dengan begitu, kesejahteraan petani juga akan meningkat," ucap mantan wali kota Solo itu.

Sebagaimana diketahui, Sulawesi Selatan merupakan provinsi sentra padi, jagung, kakao serta peternakan sapi. Tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan di dalam negeri, hasil panen dari kawasan tersebut juga diekspor ke banyak negara.

Baca juga: Fundamental Ekonomi Kuat, Tappering Off tidak Berdampak Berat

"Kami harap dengan bendungan yang ada, sekali lagi, ketahanan pangan kita akan bisa diperkuat dan ditingkatkan. Tahun ini, akan diselesaikan pembangunan 17 bendungan," tandas Jokowi. Dalam peresmian itu, turut hadir Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Bupati Wajo Amran Mahmud. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat