visitaaponce.com

Sandiaga Belikan Pelaku UMKM Mesin Jahit Baru agar Hasilnya Optimal

Sandiaga Belikan Pelaku UMKM Mesin Jahit Baru agar Hasilnya Optimal
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi dan memberikan mesin jahit baru kepada Darto, pelaku UMKM di Majalengka, Selasa (8/3)(dok.humas)

DARTO, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bekerja membuat batik ecoprint, semringah setelah dirinya diberi mesin jahit baru dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.
 
Sandiaga memberikan bantuan mesin jahit kepada Darto usai menghadiri program Kabupaten Kota (Kata) Kreatif Indonesia di Jatiwangi Art Factory, Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat.

"Saat sesi tanya jawab KaTa Kreatif, Pak Darto bercerita menginginkan kehadiran dan bantuan pemerintah untuk alat-alat produksinya," ujar Sandiaga Uno, di Jatiwangi Art Factory, Majalengka, Jawa Barat, dalam keterangan resmi, Selasa (8/3/2022).

Tanpa sepengetahuan Darto, Sandiaga memanggilnya dan memberikan alat produksi yang memang dibutuhkan selama ini.
 
"Tolong panggilkan Pak Darto, supaya apa yang dibutuhkan bisa langsung diadakan. Tanpa menunggu lama, kita bisa kasih," ujar Sandiaga, kepada timnya.

Darto pun dipanggil oleh tim Sandiaga dan langsung diberi dua buah mesin jahit. Sandi berharap, dengan alat jahit yang diberikan bisa membangkitkan ekonomi keluarga Darto.

"Ini (batiknya) kan keren kualitasnya sudah ekspor. Harapan saya ini bisa untuk kebangkitan ekonomi," ungkap Sandiaga.

Darto pun dengan mata yang berkaca-kaca dan penuh haru mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga. Dia mengaku akan memberdayakan lingkungan sekitar untuk membuat batik ecoprint, dengan menggunakan mesin jahit yang diberikan Sandiaga.

"Kebetulan saya cuma punya satu mesin jahit, itu pun warisan dari ibu saya. Bahkan tidak tahu usia mesin jahitnya sudah berapa lama," ungkap Darto.
 
"Saya mau memberdayakan lingkungan dengan adanya mesin jahit ini. Mau latih ibu-ibu juga untuk produksinya," tambah Darto.

Adapun alasan Sandiaga memberikan mesin jahit kepada Darto karena selama ini kesulitan dalam proses produksi. Bahkan, satu buah mesin jahit yang sudah dimiliki Darto usianya sudah lama dan harus diganti.
 
Selain memproduksi batik ecoprint, Darto juga produksi baju tari dan melatih di Sanggar Sekar Laras di Kecamatan Sumber Jaya, Majalengka.

Program KaTa Kreatif Indonesia 2022 merupakan upaya untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Pelaksanaannya akan dilakukan di 35 kabupaten atau kota kreatif Indonesia, lokasi yang sudah didatangi antara lain Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Belitung, dan Kota Jambi. (OL-13)

Baca Juga: Cadangan Devisa pada Februari Naik Tipis

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat