visitaaponce.com

Kurs Rupiah Melemah, Analis Singgung Turunnya Cadangan Devisa Indonesia

Kurs Rupiah Melemah, Analis Singgung Turunnya Cadangan Devisa Indonesia
Pekerja menunjukkan uang dolar AS dan rupiah di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta.(ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

DIREKTUR PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengungkapkan, dalam perdagangan sore ini, Kamis (7/4), nilai tukar (kurs) rupiah melemah 3 poin di level Rp. 14.362 dari penutupan sebelumnya di level Rp14.359.

Dia menyinggung salah satu faktor melemahnya rupiah karena adanya laporan dari Bank Indonesia (BI) yang menyebut posisi cadangan devisa Indonesia di Maret 2022 turun dibanding Februari 2022 dengan level US$139,1 miliar pada akhir bulan lalu.

"Cadangan devisa Maret menurun jika dibandingkan dengan posisi pada akhir Februari 2022 sebesar US$141,4 miliar," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (7/4).

Berdasarkan peryataan Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan bahwa penurunan posisi cadangan devisa dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Baca juga: BLT Minyak Goreng Dikirim Melalui Pos

Posisi cadangan devisa tersebut, lanjut laporan BI, setara dengan pembiayaan 7,2 bulan impor atau tujuh bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. (Ins/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat