visitaaponce.com

Gandeng Kemenkop UKM,Akurindo Pamerkan Produk UMKM di KTT G20

Gandeng Kemenkop UKM, Akurindo Pamerkan Produk UMKM di KTT G20
Akurindo dan Koperasi Jasa MSP menggelar pameran UMKM bertajuk “MSP Expo Amazing Bali For G20” di Hotel Pullman Kuta, Legian Bali.(Ist)

ASOSIASI Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (Akurindo) dan Koperasi Jasa Mitra Sarana Perjuangan (MSP) menyelenggarakan pameran UMKM bertajuk “MSP Expo Amazing Bali For G20” yang bertempat di Hotel Pullman Kuta, Legian Bali.

Acara tersebut diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 13 November hingga 15 November 2022.

Pameran MSP Expo 2022  bertujuan untuk mengangkat UMKM dan Produk Indonesia ke taraf Internasional dengan memanfaatkan momentum acara KTT G20 yang berlangsung di Bali.

Hadir dalam pembukaan “MSP Expo Amazing Bali For G20” Kepala Dinas Disperindag Provinsi Bali, Ir I Wayan Jarta, MM.

Dalam sambutannya, Ir I Wayan Jarta, MM mengapresiasi kolaborasi antara AKURINDO dengan Provinsi Bali yang akan membawa angin segar dalam pertumbuhan UMKM Indonesia khususnya Bali.

Pada kesempatan terpisah, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melalui video sambutannya mengatakan,“Acara MSP Expo Amazing Bali For G20 sangat baik karena melibatkan para pelaku UMKM dari berbagai side event, venue dan showcase G20 guna memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk UMKM Inovatif Indonesia."

Baca juga: 

“Kemenkop UKM tidak bisa berjalan sendiri dalam memajukan UMKM Indonesia, maka perlu adanya sinergi dengan berbagai pihak salah satunya adalah Akurindo yang diharapkan dapat berperan aktif dalam memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mitra UMKM,” ujar Teten dalam keterangan, Minggu (13/11) 

Menyambut hal tersebut, Ketua Umum Akurindo Izedrik Emir Moeis menegaskan Akurindo akan membantu pemerintah dalam mendorong dan meningkatkan ekonomi Indonesia melalui acara-acara pameran produk dan promosi di media digital yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM Indonesia.

“Setiap perubahan zaman selalu ada peluang bagi UMKM. Karena itu, UMKM harus bisa menghadapi tantangan dan menjadikan itu sebagai sebuah peluang," jelasnya.

"Akurindo akan membantu UMKM di seluruh Indonesia agar mampu menangkap peluang di pasar online dan kita dorong mereka aga bisa naik kelas,” tegas Emir.

MSP Expo Amazing Bali For G20 diikuti lebih dari 30 UMKM dari seluruh Indonesia, mulai dari UMKM dengan produk kerajinan tangan, batik, mutiara, makanan dan berbagai produk lainnya.

Para pelaku UMKM sangat antusias dalam mengikuti gelaran tersebut dan menurut mereka bahwa inilah moment untuk menunjukkan kepada dunia bahwa UMKM Indonesia masih tetap survive.

“MSP Expo Amazing Bali For G20 merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh para pelaku UMKM binaan Akurindo setelah lama lesu karena Pandemi Covid-19 sehingga kedepan pelaku UMKM harus makin kreatif dan memperkuat jaringan,” ungkap Ketua Akurindo Yunita Rebeca Marbun.

Untuk diketahui, Akurindo dan Koperasi MSP telah berhasil menyelenggarakan pameran berskala nasional dan internasional, di antaranya MSP Expo 2016 bertemakan “Indonesia Gift” pada Desember di Gedung Smesco, Jakarta.

Selain itu, MSP Expo 2017 bertema “The Authentic Taste of Indonesia” di Balai Kartini, Jakata; MSP Expo 2018 “Amazing Bali” bertepatan dengan acara annual meeting IMF – World Bank Group 2018.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat