visitaaponce.com

Festival Kopi Media Indonesia Wujud Nyata Dorong Industri Kopi

FESTIVAL Kopi Media Indonesia kembali digelar pada tahun ini sebagai salah satu rangkaian acara peringatan hari ulang tahun Media Indonesia yang ke-53. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hadir langsung untuk membuka acara tersebut.

Dalam sambutannya, Syahrul menyatakan bahwa Festival Kopi Media Indonesia merupakan wujud nyata dari kontribusi Media Indonesia untuk mendorong industri kopi dalam negeri.

"Saya merasakan hari ulang tahun Media Indonesia ini memberikan gambaran bahwa Media Indonesia tidak hanya bicara di atas kertas. Tapi juga menghadirkan secara pasti langkah-langkah untuk menunjang kehidupan bangsa ini secara nyata. Contohnya Festival Kopi ini yang menunjukkan keberpihakan Media Indonesia kepada petani kopi," kata Syahrul di Komplek Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, Rabu (1/2).

Dalam memajukan industri kopi dalam negeri, Kementerian Pertanian sendri telah mengeluarkan sejumlah regulasi dan strategi yang dapat mendukung pengusaha kopi dari hulu sampai hilir. Pada tahun ini, pihaknya pun menargetkan hilirisasi produk kopi Indonesia 15% sampai 20%.

"Saya juga lagi mempersiapkan 10 jut bibit kopi Indonesia. Jadi tidak ada lagi kafe besar di bumi tanpa kopi Indonesia," imbuh Syahrul.

Pada kesempatan itu, CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib berharap agar Festival Kopi Media Indonesia bukan hanya menjadi gerakan Media Indonesia semata, tapi juga bisa melibatkan institusi lain untuk memajukan industri kopi Indonesia.

Baca juga: Presiden: Setop Ekspor Tembaga Mentah Tahun Ini

"Kita bayangkan apabila lebih banyak lagi institusi yang melakukan kegiatan afirmatif seperti ini, bayangkan petani kopi yang ada di seluruh Indonesia akan bisa mendapatkan mafaatnya secara langsung maupun tidak langsung," beber Mirdal.

Ia juga berharap, event tahunan yang diselenggarakan Media Indonesia ini dapat membentuk ekosistem untuk mensejahterakan petani kopi. "Kita harap dengan adanya kegiatan ini lebih banyak lagi peran dan pemain-pemain di pertanian, khususnya petani kopi dan industri kopi bisa menjadi tuan rumamh di negaranya sendiri," tambah dia.

Direktur Utama Media Indonesia Gaudensius Suhardi menambahkan, Media Indonesia ibarat kopi yang menampilkan identitas dirinya sebagai referensi bangsa secara objektif. Kekuatan Media Indonesia, ada pada penyajian informasi yang nyata tanpa mengaitkan kepentingan siapapun kecuali rakyat.

"Kekuatan Media indonesia ada pada penyajian infroamsi hitam itu hitam, pahit itu pahit. Katakan apa adanya. Maafkan Media Indonesia jika sampai saat ini belum mampu membungkus apalagi memanipulasi fakta dan data sekadar menyeangkan pusat-pusat kekuasaan. Media indonesia akan tampil apa adanya," kata Gaudensius.

Ia juga berharap agar Festival Kopi Media Indonesia dapat terus berlangsung ke depan dan memberikan implikasi positif bagi masyrakat luas. "Muliakanlan petani kopi agar kita bertemu lagi di tempat ini tahun depan," pungkas dia. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat