visitaaponce.com

APBN Jadi Bagian Penting untuk Dukung Ketahanan Pangan

APBN Jadi Bagian Penting untuk Dukung Ketahanan Pangan
Aktivitas pedagang melayani pembeli di pasar wilayah Tangerang Selatan, Banten.(MI/Susanto)

PEMERINTAH menyatakan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menjadi bagian penting dalam mendukung ketahanan pangan di Tanah Air.

Hal itu ditekankan Staf Khusus Menteri Keuangan Titik Anas. Menurutnya pada 2023, anggaran sebesar Rp104 triliun dialokasikan pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan.

Baca juga: Ini Empat Langkah Pemerintah untuk Stabilkan Harga Bahan Pokok

"Ini untuk menjaga ketahanan dari sisi suplai seperti infrastruktur, yaitu bendungan, jalan di daerah pertanian, pupuk dan peralatan pertanian. Ada juga cadangan pangan pemerintah. Anggaran ini tidak hanya di pusat, namun juga daerah," jelasnya dalam seminar virtual, Rabu (8/2).

Titik menambahkan APBN juga bertujuan memastikan masyarakat atau rumah tangga rentan tetap mendapatkan akses terhadap pangan. Hal ini dilakukan dengan pemberian bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako.

"Kita juga punya BLT (Bantuan Langsung Tunai) tambahan saat dibutuhkan. Seperti, BLT minyak goreng saat terjadi kelangkaan minyak goreng dan BLT BBM saat kenaikan harga BBM. Hal ini membuat kenaikan harga bisa ditanggulangi masyarakat atau rumah tangga rentan," kata Titik.

Baca juga: IKAPPI Tuding Kinerja Bulog Tidak Maksimal

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa APBN juga memberikan dukungan finansial terhadap ketahanan pangan. Hal ini dilakukan dengan penyaluran 32% KUR (kredit usaha rakyat) untuk sektor pertanian.

"Jadi tidak hanya sisi supply saja, tapi financing juga kita berikan dukungan untuk ketahanan pangan," tandasnya. (OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat