visitaaponce.com

ESDM Progres Proyek Pipa Gas Cirebon-Semarang Capai 80

ESDM: Progres Proyek Pipa Gas Cirebon-Semarang Capai 80%
Ilustrasi(Antara)

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan pembangunan pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) telah mencapai 80,28%.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menyampaikan, pihaknya telah mengidentifikasi sumber-sumber gas yang produksinya bisa dialirkan lewat pipa ini untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat.

"Kementerian ESDM berusaha mendukung sepenuhnya pembangunan Cisem Tahap I ini selesai tepat waktunya," ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (3/2).

Pembangunan pipa transmisi gas bumi Cisem merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang bertujuan meningkatkan aksesibilitas gas bumi yang sebagian besar berasal dari lapangan gas di Jawa Timur dan sampai ke wilayah Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan industri. Seperti di Kawasan Industri Terpadu Batang, Kawasan Ekonomi Khusus Kendal dan Kawasan Industri Wijayakusuma Semarang di Jawa Tengah.

Progres pembangunan untuk ruas Semarang-Batang hingga 1 Maret 2023 mencapai 80,28%.

Tutuka menambahkan, proyek tersebut menjadi perhatian Presiden Joko Widodo, karena itu pihaknya memint agar pelaksana di lapangan tak ragu menyampaikan kendala yang dihadapi.

"Kalau ada yang perlu dibantu oleh pemerintah, sebaiknya segera disampaikan agar bisa ditindaklanjuti. Pipa Cisem tidak hanya diperlukan oleh industri dan masyarakat, tetapi juga jaringan gas rumah tangga," ucap Tutuka.

Di tempat yang sama, Inspektur Jenderal Kementerian ESDM Akhmad Syahroza menyampaikan industri di kawasan Kendal dan Batang sebagai salah satu pengguna gas yang dialirkan melalui pipa Cisem diharapkan dapat memberikan nilai tambah guna meningkatkan iklim investasi.

Selain itu, ditekankan Syahroza pentingnya sinkronisasi dengan pelbagai pihak terkait penyelesaian proyek pipa ini yang ditargetkan rampung pada tahun ini.

Berdasarkan hasil tender seleksi penyedia yang dilakukan Kementerian ESDM, ditetapkan PT PP (Persero) yang bekerja sama dengan PT Elnusa Tbk sebagai pemenang tender pembangunan pipa Cisem Tahap I.

Pipa transmisi ini memiliki diameter pipa 20 inchi untuk mentransmisikan gas bumi dengan kapasitas 116-235 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) sepanjang sekitar 62 kilometer dari Stasiun ESDM Semarang di Tambakrejo, melalui jalan nasional di utara Kota Semarang hingga pintu tol Krapyak dan melalui tol Semarang-Batang, hingga Stasiun ESDM Batang. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat