visitaaponce.com

Sandiaga 754 Ribu Wisman Masuk Indonesia, Naik 500

Sandiaga: 754 Ribu Wisman Masuk Indonesia, Naik 500%
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berpidato saat Harvesting Program Beli Kreatif Sumatera Selatan di Palembang.(Antara/Nova Wahyudi)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan ada sekitar 754 ribu wisatawan mancanegara (wisman) yang datang berkunjung ke Indonesia selama Januari 2023.

Angka itu jauh lebih tinggi dari jumlah turis asing yang dating pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Jika dibandingkan dengan Januari 2022, angka ini mengalami peningkatan hingga 503,34%," ujar Sandiaga melalui keterangan resmi, Selasa (7/3).

Secara rinci, ia menjabarkan kunjungan wisman pada Januari lalu didominasi oleh lima negara yaitu Malaysia, Australia, Singapura, Timor Leste, dan India.

Baca juga: Indonesia Masuk Momentum Kebangkitan Industri Wisata Pascapencabutan PPKM

Lebih lanjut, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan, saat ini, Indonesia sedang memasuki masa low season, sehingga diperkirakan akan terjadi penurunan jumlah kunjungan wisman.

Guna menghadapi penurunan tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah melakukan sejumlah kerja sama dengan beberapa maskapai penerbangan untuk menawarkan promo-promo menarik.

Pihaknya juga melakukan program aktivasi melalui famtrip. Lalu ada pula program aktivasi melalui keikutsertaan pameran internasional terbesar seperti SATTE 2023 di India dan ITB Berlin di Jerman.

"Rencananya akan saya hadiri dan roadshow investasi di Hong Kong sehingga diharapkan akan ada lebih banyak mendatangkan wisatawan mancanegara di masa low season ini," tandas Sandiaga. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat