visitaaponce.com

Mendag Tegaskan India Salah Satu Mitra Dagang Utama bagi Indonesia

Mendag Tegaskan India Salah Satu Mitra Dagang Utama bagi Indonesia
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi.(ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

MENTERI Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan India merupakan mitra penting dan strategis bagi Indonesia. Utamanya di bidang perdagangan. Tercatat pada 2022, nilai perdagangan kedua negara menorehkan rekor tertinggi senilai US$32,7 miliar sehingga memperkuat status India sebagai salah satu mitra dagang utama.

“Hal ini juga mencerminkan besarnya potensi perdagangan kedua negara yang tetap tumbuh meski menghadapi tantangan pemulihan ekonomi pasca pandemi dan perlambatan ekonomi global,” ujar Zulkifli dalam sesi pembukaan Konfederasi Industri India (Confederation of Indian Industry/CII) Partnership Summit 2023 di New Delhi, India, Senin (13/3) waktu setempat. CII Partnership Summit 2023 akan berlangsung selama tiga hari hingga Rabu (15/3).

Menurut Zulkifli, Indonesia memandang positif India di bidang teknologi informasi serta kesehatan dan farmasi. “Saya siap untuk menjajaki kerja sama lebih jauh dalam bidang-bidang ini,” imbuh Zulkifli.

Baca juga : Mendag Upayakan Penguatan Perdagangan dengan India

Mendag juga menyampaikan, landasan dari segala jenis kerja sama adalah hubungan antarmanusia karena dapat menjembatani lokasi berjauhan, serta membangun hubungan yang mendalam.

“Saya berharap hubungan antarmanusia kedua negara dapat melampaui kecintaan masyarakat India atas Bali, serta kesukaan masyarakat Indonesia atas film-film Bollywood,” kata Mendag.

Zulkifli juga berharap KTT Kemitraan CII 2023 dapat berkontribusi positif bagi penguatan hubungan Indonesia-India seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa kedua negara. "Acara ini menjadi wadah mempromosikan potensi bisnis dan investasi antara India dan Indonesia. Penguatan kerja sama internasional menjadi penting dan relevan dengan tema KTT ini," ujar dia.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat