visitaaponce.com

Transaksi Devisa Hasil Ekspor Catatkan Hasil Positif

Transaksi Devisa Hasil Ekspor Catatkan Hasil Positif
Ilustrasi(MI/Rommy Pujianto)

Bank Indonesia (BI) menginformasikan transaksi penjualan instrumen Term Deposit Valuta Asing Devisa Hasil Ekspor (TD Valas DHE) menunjukkan hasil menggembirakan. Berdasarkan data yang dihimpun sejak 1 Maret 2023 atau saat pertama kali aturan tersebut diberlakukan, total transaksi yang tercatat sudah mencapai US$173 juta.

"Sampai 17 Maret, total transaksi mencapai US$173 juta. Ada enam bank devisa yang sudah berpartisipasi dan sembilan eksportir termasuk dari sektor pertambangan dan perkebunan," ujar Direktur Departemen Pengelolaan Moneter BI Ramdan Denny Prakoso, di Yogyakarta, Sabtu (18/3).

Ia mengatakan penawaran suku bunga dalam instrumen TD Valas DHE sudah kompetitif. Hingga 14 Maret 2023, untuk penempatan lebih dari US$1 juta hingga kurang dari US$5 juta degnan tenor satu bulan diberikan bunga 4,68%. Adapun, tenor tiga bulan diberikan bunga 4,91%, dan tenor enam bulan 5,04%.

Baca juga: BI luncurkan Bentuk Fisik Kartu Kredit Pemerintah April 2023

Kemudian, penempatan di kisaran US$5 juta-US$10 juta diberikan bunga 4,73% untuk tenor satu bulan, 4,96% untuk tenor tiga bulan, dan 5,09% untuk tenor enam bulan. Lalu, penempatan lebih dari US$10 juta diberikan bunga 4,70% untuk tenor satu bulan, 5,01% untuk tenor tiga bulan, dan 5,14% untuk tenor enam bulan.

"Ini memang bentuknya masih sukarela, kemauan dari pihak eksportir. Namun, ke depan, BI cukup optimistis dengan selesainya masa konsolidasi dari perbankan dan eksportir, nilai transaksi deposito valas DHE akan semakin meningkat dan jumlah bank yang berpartisipasi bertambah," tandasnya. (Z-11)

Baca juga: BI Belum Ada Rencana Ubah Tarif BI Fast

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat