visitaaponce.com

Cegah Penipuan, Bappebti Minta Masyarakat Pahami Investasi Pialang Berjangka

Cegah Penipuan, Bappebti Minta Masyarakat Pahami Investasi Pialang Berjangka
Talk Show Perdagangan Berjangka Komoditi yang diprakarsai PT Agrodana Futures di Universitas Surabaya, Selasa (21/3). (Dok.Ist)

INDUSTRI Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) yang terus mengalami pertumbuhan positif selama beberapa tahun terakhir sempat dicemari oleh investasi bodong. Sehingga, penting untuk meningkatkan literasi masyarakat tentang PBK. 

“Masyarakat perlu paham cara berinvestasi yang aman di PBK agar bisa ikut mengambil manfaat dari industri ini. Bappebti juga sudah secara aktif dan terus menerus melakukan sosialisasi, pembinaan dan berbagai kegiatan lainnya untuk mengembangkan industri PBK ini menjadi sarana investasi yang aman bagi seluruh masyarakat,” ungkap Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko, pada Talk Show Perdagangan Berjangka Komoditi yang diprakarsai PT Agrodana Futures di Universitas Surabaya, Selasa (21/3). 

Dengan adanya momen Bulan Literasi PBK Maret 2023 ini, pihaknya mengajak seluruh Pialang Berjangka untuk bersama-sama melakukan edukasi ke seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: Ombudsman RI : Bappebti Lalukan Tiga Maladministrasi Atas PT DFX

"Saya sangat senang ajakan tersebut mendapat sambutan positif dari Agrodana Futures yang menggelar beberapa kegiatan literasi di berbagai kota,” tambahnya.

Direktur Utama PT Agrodana Futures Laurentius Gunawan menyatakan, penipuan yang dilakukan oleh oknum dengan kedok PBK menimbulkan kerugian yang tidak sedikit di masyarakat.

Baca juga: OJK dan Bappebti Jadi Instansi Paling Banyak Diadukan ke Ombudsman RI

Ada yang berupa penawaran produk investasi dengan jaminan profit yang dilakukan melalui berbagai media sosial, ada yang berupa transaksi PBK oleh institusi illegal, dan berbagai modus operandi lainnya di antaranya robot trading.

“Literasi keuangan yang semakin tinggi tentu akan membantu melindungi masyarakat dari berbagai penipuan dan investasi bodong. Oleh karena itu, Agrodana tidak henti-hentinya melakukan edukasi dengan berbagai media misalnya Youtube, Instagram, Facebook maupun kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi seperti Universitas Surabaya,” jelas dia.
 
Direktur Utama ICDX Nursalam menyatakan, saat ini di Indonesia juga sudah tersedia transaksi PBK kontrak Micro yang resmi yaitu GOFX. GOFX adalah produk eksklusif dari ICDX yang menyediakan berbagai kontrak micro untuk produk Gold, Crude Oil dan Forex. Transaksinya langsung terjadi di Bursa ICDX, sehingga sangat transparan.

"Jadi masyarakat tidak perlu tergiur iming-iming pialang illegal yang menawarkan kontrak Micro. Cukup hubungi Agrodana Futures dan nasabah bisa langsung buka akun GOFX untuk bertransaksi Micro,” jelas dia.

Transaksi yang tercatat di Bursa ICDX dijamin oleh Lembaga Kliring ICH. Masyarakat bisa melakukan pengecekan apakah transaksinya sudah tercatat melalui akun e-CITRA. Jadi masyarakat perlu meminta akun e-CITRA dari Pialang Berjangkanya untuk meningkatkan keamanan. 

“Di samping itu, setoran dana nasabah wajib disetorkan ke Rekening Terpisah (Segregated Account) atas nama Pialang Berjangka, dan nasabah bisa melakukan pengecekan Rekening Terpisah serta legalitas Pialang Berjangka melalui Bappebti,” tandas dia. (RO/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat