visitaaponce.com

Sandiaga Siapkan Strategi Antisipasi Lonjakan Wisatawan saat Libur Lebaran

Sandiaga Siapkan Strategi Antisipasi Lonjakan Wisatawan saat Libur Lebaran
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno(Antara/Muhammad Adimaja)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku tengah menyiapkan strategi untuk menghadapi lonjakan wisatawan saat musim libur lebaran tahun ini. Ia memperkirakan, pada momentum tersebut, akan terjadi 123,8 juta pergerakan wisatawan.

"Nanti menjelang H-7 lebaran, kita sudah disiapkan prosedur seperti kontrol keramaian dan juga arus dari pengunjung dan lain sebagainya," ujar Sandiaga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/3).

Ia mengatakan jajarannya telah berkoordinasi dengan dinas pariwisata, baik di provinsi, kabupaten, maupun kota untuk mempersiapkan semua hal secara detil. Destinasi-destinasi wisata juga akan diminta untuk melakukan antisipasi lonjakan pengunjung secara matang.

Baca juga: Sandiaga: Sebelas Maskapai Buka Tujuh Rute Langsung ke Indonesia

Selain dari sisi kesehatan, Sandiaga juga meminta keselamatan dan kebersihan dapat diperhatikan. 

"Sudah kita mulai lakukan pemantauan. Semua sangat bersiap siaga karena ini pertama kalinya liburan panjang setelah pandemi covid-19," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga: Kemenparekraf Berupaya Hidupkan Lagi Pariwisata Timur Indonesia

Sandi menambahkan pihaknya baru saja meluncurkan beberapa rekomendasi destinasi yang dapat dikunjungi wisatawan saat libur lebaran. Beberapa rekomendasi itu meliputi wisata desa dan juga wisata religi.

"Ini menjadi modal utama pencapaian target kita yaitu 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara dan 4,4 juta lapangan kerja di 2024," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat