visitaaponce.com

Ini Cara Menhub Tekan Penumpukan di Rest Area

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta masyarakat untuk istirahat secara bergantian. Langkah itu diharapkan dapat mengurangi penumpukan kendaraan di rest area. 

"Dulu rest area kurang besar dan tidak dibuat suatu jalan yang baik," kata Budi dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Waspada 123 Juta Pemudik, Menhub Bongkar Strategi Jitu,' Minggu (16/4).

Budi mengatakan pemerintah berkoordinasi dengan badan usaha jalan tol (BUJT). Mereka sepakat untuk mengembangkan rest area dan membuat jarak antarrest area tidak sampai per 30 kilometer.

Baca juga: Menhub: Lebih dari 50% Pergerakan Mudik Terpusat di Jawa

"Sekarang juga di rest area dibuat ring road sehingga mobil masuk tidak menghambat," papar dia.

Selain itu, ada kebijakan waktu beristirahat satu mobil selama 30 menit. Supaya pemudik bisa bergantian untuk beristirahat.

Baca juga: Jurus Kemenhub Cegah Penumpukan Kendaraan di Pelabuhan Merak  

"Itu yang kita sosialisasikan terus, daripada di tengah kemacetan tidur atau memaksa jalan lalu mengantuk, repot," ucap Budi.

Kemenhub melakukan survei terhadap masyarakat yang akan melaksanakan mudik pada Lebaran 2023. Hasilnya, 123,8 juta diperkirakan akan pulang ke kampung halaman pada lebaran tahun ini.

Budi mengatakan jumlah pemudik tersebut mengalami peningkatan sebesar 44,79 persen ketimbang 2022 yang hanya 85,5 juta orang.

"Mudik Lebaran 2023 akan mengalami peningkatan signifikan karena pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah berakhir, ekonomi juga mengalami kenaikan 5,3 persen, kemudian tidak ada larangan mudik, dan adanya cuti bersama," ujar Budi dalam Rapat Kerja (Raker) Bersama Komisi V DPR di Jakarta, Selasa, 4 April 2023. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat