visitaaponce.com

Gandeng Bank OCBC, Great Eastern Life Hadirkan Produk Unit Link Baru

Gandeng Bank OCBC, Great Eastern Life Hadirkan Produk Unit Link Baru
Ilustrasi keluarga. Great Protection Link merupakan solusi proteksi plus investasi yang tepat untuk masa depan nasabah.(Ist)

KETERBUKAAN akses terhadap berbagai produk keuangan perlu didukung oleh pengetahuan dan pemahaman yang jelas tentang produk yang ditawarkan, termasuk dalam hal Produk Asuransi Yang Dikaitkan dengan Investasi (PAYDI).

Dalam proses pemasaran PAYDI, literasi keuangan menjadi salah satu tantangan besar para perusahaan asuransi jiwa.

Survei Nasional Literasi dan Iklusi Keuangan (SNLIK) terbaru (2022) masih menunjukkan adanya gap yang cukup tinggi antara tingkat keterbukaan akses (inklusi) sebesar 85,10% dengan tingkat pemahaman produk (literasi) yang hanya sebesar 49,68%.

Baca juga: Great Eastern Life Indonesia Bukukan Peningkatan Laba 124%

Dari sisi regulasi, pada 14 Maret 2022, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan aturan mengenai ketentuan baru PAYDI dalam Surat Edaran (SE) OJK Nomor 5 Tahun 2022 yang berlaku efektif per 14 Maret 2023.

SE OJK 5/2022 ini mengatur tiga aspek utama PAYDI, yakni dari sisi pemasaran, transparansi informasi, hingga tata kelola aset.

Ketiga aspek yang menjadi pembenahan regulasi PAYDI tersebut tentunya bertujuan untuk melindungi dan meningkatkan kepercayaan serta literasi masyarakat akan PAYDI.

Baca juga: Prudential Indonesia Siap Pasarkan Inovasi Baru sesuai SEOJK Paydi

Dalam proses penjualan PAYDI, perusahaan asuransi perlu memberikan penjelasan yang akurat berdasarkan kebutuhan dan kemampuan nasabah, terutama dalam memastikan PAYDI yang dibeli sesuai dengan profil risiko nasabah.

Setelah nasabah membeli PAYDI, perusahaan wajib melakukan welcoming call sebagai bentuk konfirmasi ulang bahwa PAYDI yang dibeli sesuai dengan permohonan nasabah.

Baca juga: Memilih Asuransi yang Tepat? Perhatikan Reputasi Perusahaan Penyedia Asuransi

Keseluruhan proses tersebut, mulai dari tahap penawaran produk hingga welcoming call, wajib direkam dalam format audio video atau video untuk memastikan nasabah telah memahami dan mendapatkan penjelasan yang lengkap dan tepat terkait PAYDI yang dibelinya.

"Sejalan dengan SE OJK 5/2022 tersebut, Great Eastern Life Indonesia pun telah menyempurnakan produk unit link yang ada, baik dari sisi spesifikasi produk maupun layanan," kata Nina Ong, Direktur Bancassurance Great Eastern Life Indonesia dalam keterangan, Rabu (17/5).

"Oleh karena itu, guna menyesuaikan aturan baru OJK tersebut dan mendukung peningkatan angka inklusi keuangan, Great Eastern Life Indonesia didukung oleh mitra strategisnya Bank OCBC NISP menghadirkan produk baru unit link atau PAYDI, Great Protection Link dan Great Investlink Protection," paparnya.

Great Protection Link

Great Protection Link, menurut Nina, merupakan solusi proteksi plus investasi yang tepat untuk masa depan nasabah.

"Produk yang merupakan gabungan proteksi dan investasi ini dirancang untuk melindungi impian nasabah sekaligus membantu nasabah mencapai tujuan keuangan yang diinginkan." jelasnya.

"Tidak hanya itu, produk ini juga bisa ditambah dengan berbagai asuransi tambahan (rider) guna memaksimalkan kebutuhan perlindungan," ucap Nina.

Great Investlink Protection

Sementara itu, Great Investlink Protection merupakan solusi perencanaan keuangan masa depan dengan alokasi investasi dan proteksi jiwa yang optimal.

"Untuk hasil investasi yang optimal, produk ini mengalokasikan Premi 100% sejak hari pertama Polis aktif dan memberikan ekstra 1% Bonus Loyalitas di tahun ketiga Polis," jelas Nina.

Baca juga: Avrist Assurance Raih Penghargaan 12th Infobank Digital Brand Recognition 2023

Sementara itu, Juky Mariska, Wealth Management Division Head menyatakan, “Sejalan dengan visi Bank OCBC NISP untuk menjadi mitra tepercaya dalam meningkatkan kualitas hidup, kami senantiasa mendukung nasabah untuk melakukan perencanaan keuangan sedini mungkin untuk perlindungan keluarga sekaligus perkembangan investasi."

"Untuk itu, nasabah memerlukan berbagai opsi produk keuangan agar lebih leluasa melakukan diversifikasi. Kolaborasi antara Bank OCBC NISP dan Great Eastern Life Indonesia ini dapat memberikan pilihan dan solusi untuk masyarakat yang ingin merencanakan keuangan masa depan dengan lebih baik,” paparnya. (RO/S-4)

 



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat