visitaaponce.com

Antisipasi Dampak El Nino, Pemerintah Perlu Jamin Ketersediaan Pangan

Antisipasi Dampak El Nino, Pemerintah Perlu Jamin Ketersediaan Pangan
Hamparan tanaman jagung di Eromoko(MI/Widjajadi)

FENOMENA El Nino yang diprediksi terjadi pada Juli-Agustus tahun ini dinilai bakal berdampak pada sektor pertanian, utamanya di subsektor tanaman pangan. Karenanya, memastikan ketersediaan pangan menjadi salah satu fokus yang perlu diperhatikan oleh pengambil kebijakan.

"Yang pasti pemerintah dan pemangku kepentingan terkait perlu fokus pada dua hal, yaitu ketersediaan pangan dan kesejahteraan petani," ujar Kepala Departemen Ekonomi dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Fajar B Hirawan saat dihubungi, Kamis (18/5).

Guna memastikan ketersediaan pangan, kata dia, Badan Pangan Nasional (Bapanas) perlu berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga teknis terkait seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, dan Bulog.

Baca juga : Mentan SYL Pastikan Stok Pangan Pokok di Semua Daerah dalam Kondisi Aman

Bapanas juga dirasa perlu memperkuat koordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) guna sinkronisasi data pertanian dan pangan dalam negeri. Pengambil kebijakan turut diimbau tak segan membuka opsi impor pangan agar ketersediaan tetap terjaga.

"Opsi impor perlu dibuka agar ketersediaan pangan tetap terjaga," terang Fajar.

Baca juga : Kementan Dorong Industri Pertanian Tingkatkan Produksi Pangan Siap Ekspor

Sedangkan hal yang terkait dengan kesejahteraan petani, lanjut dia, pemerintah perlu memikirkan kebijakan yang dapat menjadi bantalan untuk menjaga daya beli petani.

Terlebih, mayoritas petani di Indonesia menggarap lahan kecil dan bahkan hanya berstatus buruh tani. 

"Mereka harus menjadi target utama jika ada kebijakan bantalan sosial, khususnya berupa bantuan uang tunai (cash transfer)," pungkas Fajar.

Diketahui sebelumnya Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti menyatakan, fenomena El Nino juga berpotensi mengerek tingkat inflasi pangan dalam negeri. Karenanya, sinergi yang telah dilakukan untuk mengendalikan inflasi harus tetap dijaga dan diperkuat agar perekonomian tak tertekan. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat