visitaaponce.com

Jokowi Harap Negosiasi Indonesia-EU CEPA Segera Diselesaikan

 Jokowi Harap Negosiasi Indonesia-EU CEPA Segera Diselesaikan
Presiden Joko Widodo mengahadiri forum G7 di Jepang(AFP)

PRESIDEN Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Komisi Uni Eropa (UE) Ursula Von Der Leyen di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Minggu, (21/5). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan harapannya agar negosiasi terkait Indonesia-European Union (EU) Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dapat segera diselesaikan.

“Terkait Indonesia-UE CEPA, Indonesia berharap negosiasi selesai paling lambat tahun depan,” kata presiden seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Kedua pemimpin memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya negosiasi Indonesia-UE CEPA untuk segera diselesaikan. Sedangkan terkait regulasi deforestasi Uni Eropa, presiden mengatakan sejak awal Indonesia telah menyampaikan keberatan atas regulasi tersebut. Menurutnya, regulasi tersebut dapat menghambat perdagangan dan merugikan petani kecil di Indonesia.

Baca juga : Presiden Jokowi Kunjungi Hiroshima Peace Memorial Park

“Proses benchmarking dengan cut of date mulai 2020 harus betul-betul terbuka dan objektif. Sebagai informasi, laju deforestasi Indonesia 2019-2020 telah turun 75% menjadi 115 ribu hektare. Ini laju terendah sejak 1990 dan terus alami penurunan,” ucapnya.

Baca juga : Bappenas Dan Uni Eropa Pamerkan Hasil Program ARISE+ Indonesia

Terakhir, Presiden menyampaikan bahwa Indonesia dan Malaysia akan melakukan misi bersama ke Brussels untuk menyampaikan kembali keberatan terhadap berbagai regulasi UE yang merugikan dan menyampaikan data-data konkret yang diharapkan dapat menjadi masukan bagi UE dan dapat dijadikan bahan pembuatan kebijakan yang objektif.

Seperti diberitakan, Uni Eropa resmi memberlakukan undang-undang tentang deforestasi. Adapun alasannya agar produk-produk yang masuk ke Uni Eropa tidak berasal dari penggundulan hutan atau deforestasi. Aturan tersebut dinilai berdampak pada sejumlah komoditas yang antara lain minyak sawit, sapi, kayu, kopi, kakao, karet hingga kedelai. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat