visitaaponce.com

Presiden Jokowi Terima 7.400 Aduan Jalan Rusak

Presiden Jokowi Terima 7.400 Aduan Jalan Rusak
Mobil yang dinaiki Presiden Joko Widodo menyusuri jalanan rusak di Lampung Selatan.(Istana Kepresidenan/Agus Suparto)

Presiden Joko Widodo mengaku telah menerima sekitar 7.400 aduan terkait jalan rusak di sejumlah daerah. Ia pun memastikan telah menindakanjuti seluruh laporan tersebut.

"Sudah buka-buka laporan yang masuk semua. Coba cek lapangan, benar ada jalan rusak," ujar Jokowi saat memberikan sambutan acara 1 Dekade Barisan Relawan Jokowi Presiden, di Hotel Salak, Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/6).

kepala Negara telah melakukan peninjaun langsung ke beberapa daerah yang dilaporkan memiliki ruas jalan rusak parah. Dari peninjauan itu, ia mengetahui bahwa kerusakan sudah terjadi 12 hingga 20 tahun tanpa ada upaya perbaikan.

Baca juga: Presiden: 2.040 Km Jalan Tol Sudah Dirasakan Manfaatnya

Jalan daerah, sambung Jokowi, sedianya menjadi kewenangan dari pemerintah provinsi, kabupaten dan kota. Oleh karena itulah negara tidak bisa langsung menangani atau mengambil alih upaya perbaikan begitu saja.

"Saya sudah sampaikan ke gubernur, bupati, bagi-bagi perbaikan jalan. Jangan diberikan ke pemerintah pusat semua. Kamu 50, kita 50," terang mantan wali kota Surakarta itu.

Baca juga: Presiden: Berbeda Pilihan Politik Boleh, tapi Jangan Sampai Berantem

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, selama memimpin Indonesia, sebanyak 311 ribu jalan di desa telah diperbaiki dan dibangun. Langkah tersebut dinilai memberikan dampak nyata bagi para petani atau pelaku usaha lain yang hendak mendistribusikan hasil panen atau produksi mereka ke pasar.

"Bayangkan kalau jalan di desa berlubang-lubang, ongkos angkut dari desa ke pasar di kota pasti berlipat tiga kali, empat kali. Kalau jalannya baik, harga pasti normal," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat