visitaaponce.com

Antam Bagikan Dividen Separuh Laba Bersih Rp3,82 Triliun

Antam Bagikan Dividen Separuh Laba Bersih Rp3,82 Triliun
Pegawai tambang sedang bertugas di sebuah lokasi pertambangan Antam di Pomala, Sulawesi Tenggara, pekan lalu.(DOK Mind Id.)

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) meraih laba bersih perusahaan pada 2022 senilai Rp3,82 triliun. Para pemegang saham menyetujui penetapan penggunaan laba bersih tahun buku 2022 yang diatribusikan kepada pemilik entitas industri perseroan yakni dividen sebesar Rp1,91 triliun atau 50% dan sisanya Rp1,91 triliun sebagai saldo laba perseroan. 

Itu disampaikan anggota BUMN holding industri pertambangan Mind Id dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Jakarta, Kamis (15/6). Para pemegang saham Antam pun setuju memberikan wewenang dan kuasa kepada Mind Id selaku pemegang saham Seri B terbanyak dengan syarat melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada pemegang saham Seri A Dwiwarna untuk menetapkan besaran tantiem Tahun Buku 2022, termasuk penetapan honorarium, tunjangan, fasilitas, dan insentif lain bagi anggota Dewan Komisaris Tahun 2023.  

Sekretaris Perusahaan Mind Id, Heri Yusuf, mengatakan keputusan tersebut memberikan hak wewenang yang besar bagi pihaknya untuk terus mengembangkan perusahaan tambang Antam di masa yang akan datang. Ia optimistis Antam akan terus berkembang dan maju ke depan. "Pemegang saham Antam juga menyetujui untuk memberikan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris dengan terlebih dahulu mendapat persetujuan tertulis Mind Id selaku pemegang saham Seri B terbanyak setelah berkonsultasi dengan pemegang saham Seri A Dwiwarna guna menetapkan besaran tantiem untuk Tahun Buku 2022 serta menetapkan gaji, tunjangan, fasilitas, dan insentif lain bagi Direksi untuk Tahun 2023," kata Heri Yusuf dalam keterangan tertulis, Senin (19/6).

Baca juga: Jokowi: 20 Negara di Eropa Masuk Jurang Resesi

Saham Seri A Dwiwarna adalah saham khusus Negara Republik Indonesia yang memberikan hak istimewa pada pemegang saham. Di antara hak istimewa tersebut yakni menyetujui persetujuan rapat umum pemegang saham serta menyetujui perubahan permodalan perusahaan.  

RUPST tersebut pun menghasilkan persetujuan susunan pemegang saham perseroan yakni negara Republik Indonesia memiliki satu lembar saham Seri A Dwiwarna. Sementara Mind Id memiliki sebanyak 15.619.999.999 lembar saham Seri B, dan masyarakat memiliki sebanyak 8.410.764.725 lembar saham Seri B.

Baca juga: Intel Investasikan US$25 Miliar untuk Pabrik Baru Israel

Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie mengatakan yang dicapai pada 2022 merupakan hasil dari kinerja perusahaan yang terus melakukan perbaikan dari segala lini hingga memberikan kontribusi bagi perseroan. "Ini merupakan awal pencapaian menuju ke tingkat pencapaian Antam yang lebih besar lagi di masa yang akan datang," kata Syarif Faisal. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat