visitaaponce.com

Melangkah Maju, Polbangtan Bogor Luncurkan Inkubator Bisnis Pertanian

Melangkah Maju, Polbangtan Bogor Luncurkan Inkubator Bisnis Pertanian
Peluncuran Inkubator Agribisnis Polbangtan Bogor ditandai kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Bogor, Jawa Barat.(Ist)

POLITEKNIK Pembangunan Pertanian (Polbangtan) khususnya Polbangtan Bogor selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) dari Program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) di Provinsi Jawa Barat meluncurkan Inkubator Agribisnis (Inka) Polbangtan Bogor.

Peluncuran Inka Polbangtan Bogor ditandai kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dibuka Ketua Senat, Momon Rusmono mewakili Direktur Syaifuddin Anwar, yang diawali pemaparan oleh Ketua Inka Polbangtan Bogor, Aminudin Alfat dan Manajer Inka Polbangtan Bogor.

Upaya Polbangtan Bogor sejalan harapan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bahwa setiap inovasi dibutuhkan untuk memajukan sektor pertanian.

Baca juga: Kementan Ambil Langkah Cepat Tangani Penyakit Antraks di Gunungkidul

“Inovasi yang dilakukan untuk memajukan pertanian sangat dibutuhkan, yang mana itu bisa diwujudkan oleh pemikiran dan hasil ide milenial muda pertanian,” kata Mentan dalam keterangan pers, Kamis (6/7).

Inovasi Pertanian Perlu Manfaat Teknologi Terkini

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan inovasi bidang pertanian perlu memanfaatkan teknologi terkini.

“Pendidikan vokasi bertujuan mencetak milenial muda pertanian menghasilkan berbagai inovasi dengan menggunakan teknologi terkini, sehingga lebih banyak meraih keuntungan," katanya.

Baca juga: Dukung Pangan Murah Kota Bogor, Polbangtan Hadirkan Kopi Deadcobean 

Ketua Senat, Momon Rusmono, mengatakan pengembangan Inka Polbangtan Bogor diharapkan ada  kesinambungan pengembangan hasil produksi komoditas pertanian dari hulu ke hilir.

"Tujuannya, menciptakan petani milenial yang mandiri dan modern dalam kegiatan usahanya serta adanya kegiatan wirausaha pada sektor agribisnis," kata Momon Rusmono mewakili Direktur Polbangtan Bogor, Syaifuddin Anwar.

Baca juga: Kementan Tingkatkan Kapasitas Petani Milenial di Tanah Bumbu, Kalsel

Kegiatan FGD tersebut dihadiri sejumlah mitra instansi, lembaga dan komunitas kewirausahaan antara lain Dinas Koperasi dan Kepala Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI), Asisten Bupati, Bank BNI, Yeye Farm, CV Sugih Mukti, Agrifarm, Loka Pom Bogor, Bank Mandiri, DTPHP Kabupaten Bogor, Villa Tani, Cianjur Sugih Mukti, Okiagaru Farm, dan Agrifam. 

Turut hadir sejumlah tenant dari para alumni yang telah memiliki usaha di antaranya Agrobiome Indonesia Digdaya yang memproduksi pupuk, Agrindo Pangan Lestari/Hi Garden (budidaya sayuran), Digdaya Farm (budidaya domba) dan Tedi Hidayatullah. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat