visitaaponce.com

Puluhan Tenaga Kesehatan Dikirim ke Saudi karena Permintaan Tinggi

Puluhan Tenaga Kesehatan Dikirim ke Saudi karena Permintaan Tinggi
Setidaknya ada 2.000 perawat dan tenaga kesehatan lain yang diperlukan oleh beberapa rumah sakit di Arab Saudi.(Dokumentasi pribadi.)

PT Timuraya Jaya Lestari (TJL) mengirimkan 70 perawat dan bidan untuk bekerja di rumah sakit Dr. Sulaiman Al-Habib Medical Group Arab Saudi. Sebanyak 70 tenaga kesehatan tersebut akan diberangkatkan dalam dua kloter pemberangkatan dan akan langsung ditempatkan di seluruh rumah sakit dalam naungan Sulaiman Al-Habib Group.

Direktur Utama Timuraya Jaya Lestari, Ahmad Faisol, mengatakan setidaknya ada 2.000 perawat dan tenaga kesehatan lain yang diperlukan oleh beberapa rumah sakit di Arab Saudi. "TJL memiliki concern pada tenaga kesehatan Indonesia yang permintaannya dari beberapa rumah sakit di Arab Saudi cukup tinggi. Tahun ini saja kami diminta 2.000 nakes dan sedang kami upayakan dapat terpenuhi minimal 50% dari permintaan yang masuk," jelas Ahmad Faisol dalam keterangan tertulis, Senin (10/7).

Baca juga: Divestasi Saham Vale Indonesia Harus sesuai Undang-undang

Dia menambahkan permintaan tenaga kerja kesehatan dari sektor swasta di Arab Saudi dengan jumlah yang tidak sedikit seperti saat ini merupakan hal baru yang harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas dan keterampilan nakes Indonesia yang akan bekerja di luar negeri. 

"Permintaan tenaga kesehatan di sektor swasta saat ini tinggi dan ini hal baru yang cukup positif di sektor tenaga kerja kita yang akan bekerja di luar negeri. Meski demikian, kami menerapkan standar tinggi dari pra screaning, screaning, interview user, hingga upgrading skills untuk calon nakes yang akan diberangkatkan. Mereka yang berangkat merupakan yang telah lolos semua tahapan dan telah memenuhi standar kompetensi global," tambah Ahmad Faisol. Ia berkomitmen perusahaannya akan mempersiapkan nakes Indonesia lain dengan baik, terutama pada peningkatan keterampilan dan kemampuan bahasa asing.

Baca juga: Selandia Baru Teken Kesepakatan Perdagangan Ambisius dengan UE

"Kami terus mendorong tenaga kesehatan Indonesia yang memang memiliki keinginan untuk berkarier di luar negeri terus meningkatkan keterampilannya, juga kemampuan bahasa Inggrisnya. Penting bagi kami menjaga kepercayaan user dengan menempatkan nakes yang betul-betul telah siap bekerja dan saat ini kemampuan nakes kita sudah sangat baik sehingga jika ada upgrading skills hanya pada hal-hal tertentu saja seperti bahasa," pungkas Ahmad Faisol. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat