visitaaponce.com

Cek Fakta Kapal Super Tanker Sebesar Lapangan Bola

Cek Fakta: Kapal Super Tanker Sebesar Lapangan Bola?
Penangkapan kapal super tanker berbendera Iran MT Arman 114 dan MT S Tinos berbendera Kamerun yang melakukan transhipment ilegal di Natuna.(AFP/Bakamla HO)

SEBUAH kapal super tanker berbendera Iran, MT Arman 114 tertangkap basah melakukan transaksi transhipment ilegal dengan kapal super tanker MT S Tinos berbendera Kamerun di Laut Natuna Utara pada 7 Juli 2023 lalu. Sebesar apakah kapal super tanker?

MT Arman 114 saat itu membawa lebih dari 200.000 metrik ton minyak mentah (light crude oil), tepatnya 272.569 metrik ton senilai Rp4,6 triliun.

Hal itu dikutip dari keterangan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, saat merilis penangkapan kapal tersebut, Selasa (11/7).

Baca juga : Bakamla Akui Banyak Perairan Indonesia Jadi Tempat Transaksi Ilegal

Kapal super tanker ini, berbeda dengan kapal-kapal tanker umumnya. Berikut fakta-fakta mengenai kapal super tanker.

Kepala Bakamla mengungkapkan, kapal tersebut disebut super tanker karena penampakannya mirip dengan kapal induk.

Baca juga : Kronologi Bakamla Tangkap Kapal Tanker BBM Ilegal Senilai Rp4,6 Triliun di Natuna

Panjang kapal super tanker mencapai 330 meter, sedangkan kapal tanker biasa hanya 80 meter-100 meter.

"Jadi 330 meter itu hampir sebesar lapangan bola," kata Kepala Bakamla Laksdya TNI Aan Kurnia.

Untuk diketahui, ukuran lapangan sepak bola versi FIFA memiliki panjang 100 meter-110 meter dan lebar 64 meter-75 meter dalam bentuk persegi panjang. Lapangan bola yang terdapat di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, misalnya, memiliki panjang 105 meter dan lebar 68 meter.

 

Pengertian kapal tanker

Dilansir dari laman Suzuki, kapal tanker adalah jenis kapal yang telah didesain agar mampu mengangkut berbagai jenis minyak, cairan kimia hingga jenis likuid lainnya. Seperti yang diketahui bahwa kilang minyak tidak selalu dibuat di atas daratan.

Kapal tanker minyak adalah kapal yang mengangkut minyak mentah dalam jumlah besar melintasi lautan. Kapal tanker minyak ini bisa mengangkut sekitar 2 miliar metrik ton per tahun dan menurut Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD), menyumbang sekitar 28% dari seluruh tonase bobot mati pengiriman dunia pada 2016.

Untuk memfasilitasi permintaan minyak mentah yang tinggi pada masanya, kapal tanker minyak ini dibangun dengan mempertimbangkan kapasitas maksimum (deadweight/DWT). 

 

Spesifikasi ukuran kapal tanker

Tidak semua oil tanker memiliki ukuran yang sama, mengingat jenis muatan yang dimiliki berbeda-beda. Baik itu perlakuan dan juga desainnya berbeda agar mampu berfungsi sesuai dengan kebutuhan.

1. General Purpose Tanker

Kapal yang digunakan untuk mengangkut refined product ini memiliki bobot 10.000 MT hingga 25.000 MT.

2. Handysize Tanker

Kapal ini juga berfungsi untuk mengangkut muatan yang sama hanya saja muatannya lebih besar yaitu 25.000 MT sampai 40.000 MT dwt.

3. Medium Range Tanker

Disebut juga dengan MR Tanker digunakan mengangkut refined product yang muatanya sebanyak 40.000 MT sampai 55.000 MT dwt.

4. LR 1

Long Range 1 adalah tanker yang digunakan mengangkut refined product dan crude oil. Ukurannya mencapai 55.000 MT dwt sampai 80.000 MT dwt.

5. LR 2

Long Range 2 memiliki kapasitas 80.000 MT dwt hingga 160.000 MT dwt dengan jenis muatan product dan crude oil.

6. Very Large Crude Carriers

Kapal yang bobot matinya adalah 160.000 hingga 300.000 ton ini digunakan untuk membawa crude oil.

7. Ultra Large Crude Carriers

Kapal ULCCs ini juga mengangkut crude oil dengan bobot matinya 300.000 ton. (Ykb/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat