visitaaponce.com

Indonesia Resmi Punya Bursa Kripto

Indonesia Resmi Punya Bursa Kripto
Ilustrasi uang kripto(AFP)

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) resmi meluncurkan PT Bursa Komoditi Nusantara atau Commodity Future Exchange (CFX) sebagai bursa berjangka aset kripto di Indonesia.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan hadirnya CFX akan memberikan kelengkapan pada ekosistem kripto di Tanah Air. Hal itu tentu membuat masyarakat akan lebih nyaman dan aman dalam berinvestasi di sektor tersebut di Indonesia.

Ia juga berharap bursa kripto bisa menjafi wadah yang juga mengedukasi masyarakat, sehingga literasi akan komoditas tersebut bisa semakin baik ke depan.

Baca juga: Bursa Kripto Indonesia Harus Menjaga Aspek Kompetitif

"Investasi kripto mengandung risiko tinggi karena sifatnya high risk high return. Kita harap bursa kripto dapat bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memaksimalkan perlindungan serta edukasi kepada masyarakat," ujar Zulkifli dalam acara peluncuran Bursa Berjangka Aset Kripto, di Jakarta, Jumat (28/7).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko menjelaskan bahwa pembentukan bursa berjangka aset kripto merupakan bukti pemerintah hadir dalam upaya menciptakan perdagangan aset kripto yang wajar dan adil untuk menjamin kepastian berusaha.

Baca juga: Pelaku Industri Apresiasi Kehadiran Regulator Bursa Kripto

"Hal ini juga untuk menjamin kepastian hukum dan perlindungan bagi masyarakat sebagai pelanggan. Sehingga, masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman serta memberikan nilai dalam ekonomi dan perdagangan," ujar Didid.

Ia pun memastikan bahwa Bappebti akan terus memperkuat perkembangan aset kripto di Indonesia melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholder dan instansi terkait.

"Kami juga berharap kepada seluruh pelaku industri aset kripto dapat menjalankan usaha ini sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan tetap mengedepankan keamanan bagi masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama CFX Subani mengatakan, sebagai bursa kripto, pihaknya akan menjalankan tanggung jawabnya dalam menciptakan lingkungan yang aman, adil dan berkelanjutan bagi para pelaku industri kripto dan pengguna kripto di Indonesia.

"CFX memiliki komitmen kuat dalam mengatur pertukaran kripto, memastikan keamanan bagi aset digital bagi masyarakat sebagai pelanggan serta berperan aktif untuk mendorong perkembangan industri ini," ujar Subani.

Subani berharap dengan adanya sinergi berbagai pihak dan regulasi yang berkembang dapat membantu membangun pondasi yang kuat untuk industri kripto.

"Dengan semangat terbuka dan pikiran kritis mari kita jelajahi tema regulasi baru dalam dunia kripto yang penuh potensi dan tantangan untuk memajukan industri kripto di Indonesia," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat