visitaaponce.com

Tol Cigombong-Cibadak Diresmikan, Presiden Jakarta-Sukabumi Jadi 2 Jam

Tol Cigombong-Cibadak Diresmikan, Presiden: Jakarta-Sukabumi Jadi 2 Jam
Presiden Joko Widodo usai meresmikan jalan Tol Cigombong-Cibadak(Youtube Setpres)

Presiden Joko Widodo mengungkapkan jalan Tol Cigombong-Cibadak yang merupakan bagian dari Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dapat mempercepat perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi.

 

Dari yang semula harus memakan waktu 5 jam, kini perjalanan bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam.

 

"Alhamdulillah ruas Cigombong-Cibadak ini akan mempercepat perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi. Biasanya 5 jam menjadi 2,5 atau bahkan 2 jam," kata Presiden Jokowi seusai meresmikan ruas Tol Cigombong-Cibadak di gerbang Tol Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8).

Baca juga: Presiden: Jangan Cari-cari Kesalahan LRT

Jalan bebas hambatan tersebut, tuturnya, akan sangat memberi dampak positif kepada masyarakat yang beraktivitas di kasawan. Pasalnya, dalam waktu-waktu tertentu, jalur yang dilalui masyarakat dari Jakarta ke Sukabumi kerap mengalami kemacetan luar biasa.

"Bahkan sebelumnya ada yang perjalanan sampai 6 jam, 8 jam, karena ada pasar menjadi macet. Pekerja keluar dari pabrik, jadi  macet. Saya pernah  mengalami sendiri sekali, hampir 6 jam," ucap mantan wali kota Surakarta itu.

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol Puncak-Cianjur Perlu Kajian Mendalam

Ia juga berharap jalan tol tersebut dapat meningkatkan sektor pariwisata di Sukabumi dan sekitaranya. Sebagaimana diketahui, daerah tersebut memiliki destinasi utama seperti Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh dan Ujung Genteng.

"Artinya mobilitas orang, mobilitas barang akan semakin cepat. Kalau mau ke Pelabuhan Ratu, ke Geopark Ciletuh, ke Ujung Genteng semua menjadi terbuka karena lebih cepat," imbuhnya.

Jokowi juga menyebut pembukaan ruas tol tersebut menjadi kado ulang tahun kemerdekaan.

"Ya ini kado ulang tahun kemerdekaan yang ke-78 untuk Provinsi Jawa Barat khususnya ke Sukabumi," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat