visitaaponce.com

Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Difungsikan Mulai Hari Ini

Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Difungsikan Mulai Hari Ini
Ruas Cigombong-Cibadak kilometer (km) 64+600 Tol Bocimi kembali dibuka pukul 12.00 WIB dari pintu Cigombong ke arah pintu Cibadak-Sukabumi.(Antara)

PASCAPENANGANAN darurat dan pembersihan lokasi pada jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) ruas Cigombong-Cibadak kilometer (km) 64+600, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) bersama Kepolisian Resort (Polres) Sukabumi memastikan ruas tersebut sudah bisa difungsikan. Pengoperasian ruas tol itu membantu mengurangi kepadatan lalu lintas selama masa Mudik Lebaran 2024.

Ruas itu dioperasikan setelah Tol Bocimi KM 64-600 mengalami longsor pada Rabu (3/4) malam. Juru Bicara (Jubir) Kementerian PU-Pera Endra S. Atmawidjaja mengungkapkan berdasarkan informasi yang diterima dari Polres Sukabumi, arus dari arah Bogor-Cigombong-Cibadak menuju ke Sukabumi saat ini padat dan tengah dilakukan persiapan pembukaan lajur fungsionalnya.

"Rencana ruas Cigombong-Cibadak dibuka sekitar pukul 12.00 WIB mulai dari pintu Cigombong (KM 60) ke arah Pintu Cibadak/Parungkuda (KM 72) - Sukabumi," ungkap Endra dalam keterangan resmi, Kamis (11/4).

Baca juga : Menjelang Lebaran, Alat Berat Disiagakan di Jalur Rawan Longsor Bengkulu

Ia menjelaskan dengan pertimbangan keselamatan, hanya satu lajur pada KM64+600 B yang dibuka fungsional. Pengaturan lalu lintasnya dilakukan sepenuhnya oleh Polres Sukabumi.

Endra menegaskan akan diberlakukan sistem buka-tutup pada ruas fungsional ini, dengan jam operasional dalam kendali Polres Sukabumi dengan perkiraan waktu antara pukul 07.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Pada masa mudik Lebaran, penggunaan seluruh ruas tol fungsional, termasuk tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak tidak dipungut biaya.

"Kami menghimbau pengguna jalan tol untuk tetap berhati-hati dan senantiasa mengikuti arahan petugas Kepolisian di lapangan untuk keselamatan dan keamanan bersama," pungkas jubir PU-Pera. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat