visitaaponce.com

Jalan Tol Bocimi Tetap Beroperasi Pasca Amblas

Jalan Tol Bocimi Tetap Beroperasi Pasca Amblas
Petugas melintas di sekitar jalan tol yang amblas di ruas tol Bocimi KM 64, Sukabumi, Jawa Barat(Antara)

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono menyampaikan pihaknya berkoordinasi dengan aparat untuk membuka fungsional ruas seksi Cigombong–Cibadak pasca longsornya jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 2 pada KM 64+600 A dari arah Jakarta menuju Sukabumi pada hari Rabu, 3 April 2024.

"Kami akan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk bisa dibuka satu arah dari arah Jakarta ke Sukabumi. Untuk arus balik juga nanti akan satu arah dari arah Sukabumi ke Jakarta," kata Basuki dalam keterangannya usai meninjau langsung Tol Bocimi, Jumat (5/4).

Ia mengatakan PT Trans Jabar Tol (TJT) selaku pemilik konsesi jalan Tol Bocimi saat ini terus melakukan penanganan lalu lintas sebagai dampak peristiwa tersebut. Pembukaan ruas tol tersebut akan dilakukan pada minggu depan. Sedangkan, perbaikan ruas yang amblas memakan waktu hingga tiga bulan ke depan.

Baca juga : Hujan Deras Diduga jadi Penyebab Ruas Jalan di Tol Bocimi Longsor

"Hari Senin, 8 April 2024, kami monitor dan tes dulu untuk bisa diupayakan jalur B nya dipakai sebagai jalur mudik kendaraan golongan 1, sehingga diharapkan sedikit bisa memecah arus mudik menuju Cigombong," jelas Basuki.

"Setelah itu akan ditangani secara permanen setelah Lebaran, kira-kira 2-3 bulan penanganannya,” tambahnya.

Saat peninjauan lokasi, Menteri PU-Pera menjelaskan kejadian longsor tersebut diduga bukan karena adanya gerakan tanah, melainkan murni karena adanya longsor akibat dari curah hujan yang tinggi.

Baca juga : Tol Bocimi Longsor, Pengamat: Ada Kegagalan Konstruksi

Untuk para korban luka ringan yang terdampak atas kejadian tersebut telah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Sekarwangi, Kabupaten Sukabumi. Kondisi para korban terkini dikatakan sudah berangsur pulih dan diizinkan untuk kembali ke kediaman masing-masing.

Pada kunjungan yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian PU-Pera untuk pengoperasian fungsional seksi Cigombong–Cibadak yang direncanakan mulai Senin-Selasa, 8-9 April 2024.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PU-Pera atas responnya yang cepat, karena ini pada arus mudik lebaran dimana akan padat lalu lintas," sebutnya.(Z-8)

Baca juga : Jalur Fungsional Pengganti Longsor Tol Bocimi Dioperasikan Sepanjang 8,5 Kilometer

Bey menuturkan pembukaan satu jalur secara fungsional tersebut hanya untuk mobil kecil, truk tidak boleh lewat.

"Selama periaode mudik ini, pengguna jalan masih dapat melewati seksi 1 dari Ciawi menuju Cigombong," imbuhnya.

Bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Sukabumi dapat keluar melalui Gerbang Tol Cigombong, sedangkan pengguna jalan dari arah Sukabumi dapat melewati Gerbang Tol Cigombong untuk menuju ke arah Jakarta.

Baca juga : Cuaca Ekstrem dan Bencana Hidrometeorologi akan Dominasi Pekan Mudik, Waspada!

Direktur Utama TJT Abdul Hakim Supriyadi menyampaikan bahwa saat ini pihaknya masih fokus dalam melakukan upaya-upaya penanganan dan kajian menyeluruh pada lokasi terjadinya longsor. Adapun saat ini seksi 2 jalan tol Bocimi dari Cigombong menuju Cibadak dialihkan sementara untuk dapat dilakukan persiapan operasi fungsional.

“Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini TJT menyampaikan permohonan maaf kepada para pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang terjadi,” tutupnya. (Ins)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat