visitaaponce.com

Fundamental Ekonomi Kian Solid, Pelaku Pasar dan Investor Makin Optimistis

Fundamental Ekonomi Kian Solid, Pelaku Pasar dan Investor Makin Optimistis
Ilustrasi(MI)

Pelaku pasar dan investor dalam negeri semakin optimistis dengan perekonomian nasional. Optimisme itu tumbuh dari fundamental ekonomi Indonesia yang kian solid.

"Hal itu tercermin pascarilis data cadangan devisa dan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua 2023," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Selasa (8/8).

Bank Indonesia mencatat cadangan devisa Juli 2023 sebesar US$137,7 miliar. Angka itu naik dari posisi Juni 2023 sebesar US$137,5 miliar.

Baca juga: Penurunan Peringkat Utang AS Berdampak Terbatas ke Indonesia

Cadangan sebesar itu, menurutnya, bisa menopang pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Itu sudah berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," tuturnya.

Baca juga: Aturan Baru DHE SDA Parkir di Indonesia Diperkirakan Capai 100 Miliar Dolar AS

Pencapaian tersebut akan menopang pertumbuhan yang berkelanjutan dan menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan di tengah tekanan eksternal.

"Itu sudah sangat memadai, terlebih dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," jelas Nico.

Sementara itu, ketidakpastian ekonomi global belum sepenuhnya pulih dan berbagai rentetan tekanan terjadi. Namun, Indonesia terus menunjukan indikator ekonomi nasional yang menunjukan pencapaian positif. Ini berkontribusi kontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia berekspansi 3,86% secara kuartalan (qtq) dan tumbuh 5,17% secara tahunan.

"Pertumbuhan tersebut memberikan indikator proses pemulihan ekonomi terus membaik sering aktivitas daya beli dan konsumsi masyarakat terjaga yang memberikan dukungan positif dari dalam negeri," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat