visitaaponce.com

Pasar Nantikan Pembacaan RAPBN 2024

Pasar Nantikan Pembacaan RAPBN 2024
Suasana Sidant Tahunan MPR, Rabu (16/8).(ANTARA)

JELANG HUT RI ke-78, Presiden Jokowi hadir dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2023 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan Sidang Bersama DPR dan DPD, pada Rabu (16/8).

Presiden menyampaikan pidato kenegaraan sekaligus penyampaian Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2024 dan nota keuangannya dalam momen itu.

"Tentu APBN 2024 dinantikan oleh pasar sehubungan arah kebijakan pemerintah di tahun depan dan juga merupakan tahun terakhir APBN di periode pemerintahan Joko Widodo," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Rabu (16/8).

Pasar berharap RAPBN 2024 adalah APBN terakhir yang masih linear dalam mendukung program kerja Kabinet Indonesia di akhir periode jabatannya nanti ini.

Baca juga:  Presiden Kenakan Pakaian Adat asal Tanimbar, Maluku, di Sidang Tahunan MPR 2023

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan sejumlah arahan yang disampaikan Jokowi dalam rapat RAPBN 2024, di antaranya meminta jajaran menteri supaya berbagai program pembangunan prioritas nasional diselesaikan dengan baik dan tuntas.

Jokowi juga meminta jajaran pembantunya untuk mewaspadai perkembangan geopolitik, perubahan iklim, danancaman El Nino yang berpotensi mengganggu ketahanan pangan.

Baca juga: Konsumsi Rumah Tangga Dorong Kinerja APBN

Tidak hanya itu, meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui program reformasi pendidikan dan kesehatan dan jaring pengaman sosial yang tepat dan kuat juga merupakan salah satu fokus saat ini.

Termasuk peningkatan skill atau kemampuan dan kompetensi para pekerja termasuk Pekerja Migran Indonesia sehingga mampu bekerja yang berkualitas dengan jaminan penghasilan dan keselamatan dan keamanan yang baik.

Selanjutnya pemerintah akan terus memanfaatkan APBN sebagai instrumen pemulihan ekonomi yang penting dan terus mendukung pembangunan seluruh pelosok Indonesia dan perbaikan kesejahteraan rakyat. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat