visitaaponce.com

Investasi Tiongkok di Brasil Turun 78 pada 2022

Investasi Tiongkok di Brasil Turun 78% pada 2022
Foto jarak dekat dari satu koin asli Brasil, diambil di Rio de Janeiro, Brasil, pada 29 Agustus 2022.(AFP/Mauro Pimentel.)

INVESTASI Tiongkok di Brasil, negara dengan perekonomian terbesar di Amerika Latin, turun hampir 78% pada tahun lalu. Ini level terendah sejak 2009. Demikian laporan Dewan Bisnis Brasil-Tiongkok pada Selasa (29/8/2023).

Brasil, yang menerima lebih banyak investasi dari Tiongkok dibandingkan negara mana pun di dunia pada 2021sebesar US$5,9 miliar, mengalami penurunan investasi raksasa Asia itu dalam perekonomiannya menjadi US$1,3 miliar pada 2022. Ini dikatakan kelompok tersebut dalam suatu laporan.

Namun, penurunan tersebut tidak mencerminkan ketidaktertarikan Tiongkok untuk berinvestasi di Brasil. Jumlah proyek yang dilaksanakan, lanjut laporan itu, sebenarnya meningkat sebesar 14% dari tahun lalu. Ini menjadi rekor dengan 32 proyek.

Baca juga: Sederet Perusahaan Minyak Bayar Influencer di Media Sosial

Sebaliknya, penurunan tersebut disebabkan oleh, "Sifat proyek yang dilakukan dan tidak ada proyek energi, pertambangan, infrastruktur, atau minyak yang biasanya lebih padat modal," kata Tulio Cariello, direktur penelitian dewan tersebut.

Dia mengatakan beberapa proyek besar yang dibiayai Tiongkok juga telah tertunda. "Umumnya karena persyaratan perizinan lingkungan hidup."

Baca juga: Mendag AS Nilai Bisnis di Tiongkok terlalu Berisiko bagi Perusahaan

Meskipun terjadi penurunan investasi dari Tiongkok, total investasi asing di Brasil tahun lalu tumbuh sebesar 95% menjadi US$90,6 miliar. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat