visitaaponce.com

Capai Target Ekspor US 5 Miliar, HIKMI Minta Tingkatkan Kerja Sama Sinergis

Capai Target Ekspor US$ 5 Miliar, HIKMI Minta Tingkatkan Kerja Sama Sinergis
Abdul Sobur terpilih menjadi Ketua Umum HIMKI (Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia) periode 2023 - 2026.(Ist)

MUSYAWARAH Nasional (Munas) III Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI)  telah digelar di Hotel Holiday Inn, Jakarta, pada 29-31 Agustus 2023.

Dalam Munas III HIKMI dengan tema “Perkuat Soliditas dan Integritas Organisasi Untuk Mendukung Akselerasi Pertumbuhan Industri Mebel dan Kerajinan Nasional”, Abdul Sobur terpilih sebagai Ketua Umum HIMKI untuk masa jabatan periode 2023-2026. 

Dalam sambutannya, Ketua Umum HIMKI yang baru Abdul Sobur mengatakan,"Kami mengucapkan terima kasih kepada para peserta Munas yang mempercayakan saya memimpin HIMKI untuk tiga tahun ke depan."

Baca juga: HIKMI Perkuat Soliditas Dukung Industri Mebel dan Kerajinan Nasional

"Perlu saya tegaskan di sini, bahwa Munas atau Munas adalah sarana dan keputusan tertinggi yang dimiliki organisasi untuk menyusun Garis-garis Besar Program Kerja HIMKI ke depan," kata Sobur dalam keterangan pers, Jumat (1/9).

Targetkan Nilai Ekspor Mebel dan Karajinan US$ 5 Miliar

Menurut Sobur, pamerintah bersama-sama HIMKI telah menargetkan nilai ekspor sebesar US$ 5 miliar. "Untuk itu kami perlu melakukan kerja sama secara sinergis, terutama pada saat ini di mana kondisi global tidak sedang baik-baik saja," katanya.

"Di sisi lain, para pesaing kita seperti Vietnam dan Malaysia juga semakin bergerak meninggalkan posisi kita dari sisi ekspor," ucap Sobur.

Baca juga: HIMKI Gugat Eks Pengurus Asmindo dan AMKRI ke PTUN Jakarta

Sementara itu Pengurus HIMKI dsan Anggota Tim Formatur Munas ini, Maskur Zainuri, mengatakan sangat penting sebab merupakan sarana untuk mensolidkan semua komponen yang ada di HIMKI dimana sekarang sudah ada 16 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HIMKI, dan nada tambahan 2 DPD seluruh Indonesia dalam waktu dekat ini.

"Jadi ada 18 DPD. Kami juga mengkonsolidasikan potensi-potensi yang ada d luar Jawa sehingga terjadi pemerataan industri berbasis mebel dan kerajinan di semua wilayah Indonesia," katanya.

Ketua DPD HIMKI Jepara Raya, Antonius Suhandoyo mengatakan,"Kita ingin mengonsolidasikan seluruh unsur yang ada di organisasi. Kami yang masih muda tentu masih membutuhkan arahan dan bimbingan para senior. Jadi jangan dilepas dulu."

Baca juga: Pelaku Industri Mebel dan Kerajian Diminta Manfaatkan Free Trade Agreement

Ketua DPD HIMKI Bandung dan Priangan, Anton Dwinanto, mengatakan,“Di Munas ini juga ditegaskan mengenai komitmen HIMKI yang akan terus meningkatkan desain."

"Beberapa negara besar, seperti Italia memprioritaskan masalah ini. Secara SDM para desainer yang ada di HIMKI cukup banyak dan untuk ke depan akan kami tularkan ke para anggota yang membutuhkan," kata Antpn.

"Kami juga bekerja sama dengan asosiasi-asosiasi desain. Pada sisi ini asosiasi-asosiasi desain juga ingin mengaplikasikannya kepada kami,” tambahnya. 

Ketua DPD HIMKI Semarang Raya, A. Kuswidiarso, mengatakan,“Untuk dapat bersaing di pasar global, kami ingin menegaskan perlunya restrukturisasi permesinan untuk industri mebel dan kerajinan dimana saat ini sudah merupakan suatu keharusan.'

"Dengan mesin-mesin terbaru inilah yang sangat membantu dalam produksi. Sekarang harga-harga mesin juga sudah terjangkau. Untuk yang UKM-UKM kami sangat membutuhkan bantuan pemerintah dan bantuan selama ini dari pemerintah sudah membantu industri mebel dan kerajinan," paparnya. (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat