visitaaponce.com

Tiongkok bakal Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Tiongkok bakal Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya
Pemerintah buka peluang masuk pembangunan kereta api cepat Jakarta-Surabaya(Antara)

PEMERINTAH membuka peluang untuk melanjutkan proyek kereta api cepat dari Jakarta ke Surabaya. Tiongkok digadang bakal menjadi negara mitra yang bakal menggarap proyek lanjutan tersebut.

Pembangunan infrastruktur ini, dianggap melengkapi pembangunan sepur cepat sebelumnya dengan rute Jakarta-Bandung.

“Pak Luhut (Menko Marves) sudah membuat statement. Kereta Api Cepat kita lanjutkan sampai Surabaya, karena ini sudah jalan. Karena kalau ganti-ganti negara, ganti-ganti sitem, itu perlu waktu yang lama,” ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat mengunjungi media center pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Kamis (7/9).

Baca juga: Luhut Dampingi PM Tiongkok Jajal Kereta Cepat dari Halim ke Karawang

Dia menambahkan, meski kemungkinan besar kerja sama pembangunan proyek kereta cepat bakal dilakukan lagi bersama Tiongkok, pemerintah tetap membuka peluang kerja sama proyek dengan negara lain. Jepang, misalnya, disebut akan bekerja sama dengan Indonesia dalam pembangunan kereta api di Jawa, Madura, dan Sumatra.

Itu menurut Erick merupakan jalan tengah dan opsi terbaik yang bakal dipilih pemerintah. Dia menyatakan, hal tersebut juga diharapkan mematahkan opini yang berkembang mengenai penyediaan karpet merah dari pemerintah kepada negara tertentu.

Baca juga: Operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung Tunggu Kejelasan Jadwal Presiden

“Biarkan Jepang bangun kereta api lain, Tiongkok kereta api lain, kita bangun LRT, tidak apa, yang penting percepatan. Karena logistik mellaui KA adalah yang paling efisien. Kalau tidak jalan akan rusak terus. Karena penggunaan jalan ini terlalu berat,” pungkas Erick. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat