visitaaponce.com

Luhut Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan Lintasi Kertajati hingga Yogyakarta

Luhut: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan Lintasi Kertajati hingga Yogyakarta
Kereta Cepat Jakarta Bandung yang nantinya juga akan dibangun untuk rute Jakarta-Surabaya.(Antara)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, membeberkan rute-rute yang akan dilalui proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Di antaranya akan berhenti di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, lalu melintas ke Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, dilanjutkan ke Solo dan menuju stasiun akhir di Surabaya.

Proyek tersebut merupakan kelanjutan dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Proyek strategis nasional ini telah dirampungkan dan akan dikenalkan langsung atau soft launching ke masyarakat oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, (2/10).

"Presiden memerintahkan kita untuk membuat studi mengenai kelanjutan kereta api cepat Jakarta Bandung sampai Surabaya. Nanti ini melalui Kertajati, melalui Yogyakarta, Solo dan ke Surabaya," ujar Luhut dikutip Sabtu, (30/9).

Baca juga: Luhut Sebut Tiket LRT Bali Hampir Rp50 Ribu

Menko Marves menyebut kehadiran proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dibutuhkan untuk menciptakan interkoneksi jalur transportasi dari barat ke timur di Pulau Jawa.

"Jawa ini kan pulau besar, oleh karena itu tidak dapat diakhiri, bahwa itu harus dilakukan (pembangunan transportasi yang terhubung)," kata Luhut.

Baca juga: 30 Ribu Orang Sudah Jajal kereta Cepat Whoosh

Sebelumnya, Menko Marves menyatakan pemerintah membuka peluang investor asing terlibat dalam pembangunan proyek kereta api cepat dari Jakarta ke Surabaya. Investor asal Tiongkok berpeluang besar menggarap proyek itu. Hal ini tidak lepas dari penyelesaian proyek Kereta Cepat Whoosh bersama pemerintah Indonesia dan Tiongkok.

Ini disampaikan Luhut saat menemani Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, pada Rabu (6/9) lalu.

"Mereka (Tiongkok) sangat senang kalau juga bisa terlibat (di proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya). Nanti kita lihat ke sana (kerja sama dengan Tiongkok)," ucap Luhut.

Meski demikian, ia menegaskan pemerintah Indonesia tidak menutup peluang kerja sama dengan investor asing lainnya untuk membangun proyek kereta cepat relasi Jakarta-Surabaya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat