visitaaponce.com

Mentan Waspadai Dampak El Nino

Mentan Waspadai Dampak El Nino
Dampak El Nino membuat kawasan persawahan mengering(Antara)

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mewaspadai dampak El Nino pada kondisi komoditas beras di dalam negeri. Sebab, kejadian musiman itu bakal mengganggu produksi beras nasional dan sulit untuk diprediksi.

“Neraca beras, ketahanan pangan kita baik-baik saja. Tapi tidak boleh juga terlalu PD (percaya diri) karena cuaca ini membuat komoditas menurun, air berkurang, dan cuaca tidak terprediksi,” ujarnya saat ditemui awak media di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Kamis (7/9).

Dari hasil kajian Kementerian Pertanian, kata Syahrul, El Nino berpotensi mengurangi kapasitas produksi beras nasional. Dalam skala sedang, El Nino dapat mengurangi produksi beras dalam negeri hingga 380 ribu ton. Sedangkan dalam skala kencang, El Nino bakal mengurangi produksi beras nasional hingga 1,2 juta ton.

Baca juga: Kemensos Ungkap Tidak Ada Anggaran Khusus untuk Penanganan El Nino

Berangkat dari kajian itu, Kementan mendorong ketahanan produktivitas dengan melakukan gerakan percepatan penanaman seluas 500 ribu hektare (Ha). Upaya itu sekaligus menjadi langkah antisipasi bila nantinya ada masalah dari sisi ketersediaan. “Mudah-mudahan itu berhasil. Itu diambil dari tiga wilayah, yakni merah, kuning, dan hijau,” kata Syahrul.

Wilayah pertanian merah ialah zona yang tidak memiliki air untuk melakukan penanaman. Kemudian wilayah pertanian kuning ialah zona yang memilki air untuk penanaman dengan sangat terbatas. Sedangkan wilayah pertanian hijau, yakni zona yang memiliki air melimpah untuk melakukan penanaman dan perlu diperkuat produksinya.

Baca juga: Menteri LHK Optimistis RI Bisa Kendalikan Kekeringan dan Karhutla Akibat El Nino

“Daerah hiaju yang ada mata air dan sungai itu yang akan kita booster. Kalau 500 Ha di-booster, kita bisa hasilkan 3 juta ton gabah, setara 1,5 juta beras,” terang Syahrul. 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat