visitaaponce.com

Medco bakal Ekspor Listrik Tenaga Surya ke Singapura

Medco bakal Ekspor Listrik Tenaga Surya ke Singapura
Singapura(Dok MI)

PACIFIC Medco Solar Energy Pte Ltd (PMSE) bakal mengekspor listrik tenaga surya dari Pulau Bulan, Batam, Kepulauan Riau, ke Singapura melalui kabel bawah laut bertegangan tinggi.

Hal ini dilakukan setelah PMSE mendapat restu berupa conditional award dari Otoritas Pasar Energi atau Energy Market Authority (EMA), badan hukum di bawah Kementerian Perdagangan dan Industri Pemerintah Singapura untuk menggarap proyek bernama Tenaga Surya Bulan

PMSE merupakan perusahaan patungan yang dimiliki oleh PacificLight Renewables Pte Ltd, perusahaan energi terbarukan di Singapura bersama Medco Power Global, anak perusahaan dari PT Medco Power Indonesia dan Gallant Venture Ltd, perusahaan milik Grup Salim.

Baca juga : ESDM: RI akan Jual Listrik ke Singapura Sebesar 2 GW

"Proyek ini menyediakan energi terbarukan jangka panjang dan andal bagi Singapura," kata CEO Medco Power Eka Satria dalam keterangannya, Jumat (8/9).

Baca juga : OECD Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi ASEAN, OJK: RI Tetap Jadi Penopang

Proyek tersebut akan memasang lebih dari 2.000 megawatt peak (MWp) tenaga surya PV dan 500 megawatt jam (MWh) penyimpanan baterai. Proyek ini diperkirakan akan selesai pada 2028.

Dijelaskan Medco Power, pada Oktober 2021, EMA memberikan izin prinsip impor listrik rendah karbon dari Indonesia ke Singapura kepada konsorsium PMSE untuk melakukan proyek percontohan sebesar 100 MW. Proyek percontohan itu termasuk dari total izin impor yang diberikan EMA sebesar 600 MW.

Menindaklanjuti persetujuan yang telah diberikan oleh pihak berwenang Indonesia, konsorsium PMSE akan melakukan survei kelautan untuk kabel listrik bawah laut bertegangan tinggi sebagai bagian dari tahap berikutnya dalam pengembangan proyek tersebut.

Direktur Energi Terbarukan PacificLight Yu Tat Ming menilai proyek tersebut berperan penting bagi Singapura untuk menghadirkan kebutuhan listrik yang bersih dan memenuhi total target impor listrik energi terbarukan sebesar 4 GW di 2035.

“PacificLight berkomitmen memainkan peranan dengan memastikan Singapura memenuhi ketahanan energi," imbuhnya.

Direktur Eksekutif dan Chief Operating Officer Gallant Venture menambahkan proyek Tenaga Surya Bulan menjadi model kerja sama antara Indonesia dan Singapura yang diyakini menghasilkan peluang investasi berharga di sektor energi terbarukan.

"Proyek ini dapat mendorong kedua negara menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan sejahtera," pungkasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat