visitaaponce.com

PLTS Tahap 1 Sukses Dioperasikan di IKN

PLTS Tahap 1 Sukses Dioperasikan di IKN
Suasana pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN)(Antara)

PT PLN (Persero) melalui subholding PLN Nusantara Power berhasil menyambung pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, ke jaringan transmisi atau sinkronisasi tahap I sebesar 10 Megawatt (MW) dari total 50 MW pada, Kamis (29/2). Dengan beroperasinya PLTS ini maka, kawasan ibu kota baru dialiri listrik dari energi ramah lingkungan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam membangun IKN dengan konsep forest city atau kota hutan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Kami all out mendukung infrastruktur kelistrikan hijau di IKN. Ini akan menjadi Ibu kota terbaik yang menggunakan sumber energi bersih untuk IKN," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (2/3).

Baca juga : PLTS Cirata Jadi Tonggak Dekarbonisasi Kelistrikan di Indonesia

Selain memanfaatkan tenaga surya, PLN juga akan memanfaatkan potensi hidro seperti sungai dan danau yang ada di sekitar IKN.

Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah menambahkan PLTS di IKN bisa beroperasi tepat waktu dan bisa melistriki ibu kota baru secara optimal saat upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang.

“Sinkronisasi tahap pertama dengan kapasitas 10 MW telah berhasil dilakukan. Kami akan lanjutkan sinkronisasi untuk 40 MW dan lakukan uji coba hingga nanti PLTS ini bisa beroperasi komersial melistriki IKN,” terangnya.

PLTS di IKN dengan daya 50 MW dianggap menjadi pionir pembangkit energi baru terbarukan (EBT) di kawasan IKN. Peletakan batu pertama dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada November 2023. PLTS ini dibangun di lahan dengan luas 80 hektar dengan 21.600 panel surya dan mampu menyerap tenaga kerja lokal hingga 337 pekerja. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat