visitaaponce.com

Data Center dan Hyperscale EdgeConnex Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia

Data Center dan Hyperscale EdgeConnex: Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia
Kehadiran data center dan Hyperscale EdgeConneX diharapkan dapat memperluas kapasitas pusat data yang mampu mendorong ekonomi digital.(MI/Meilani)

INDONESIA mencapai tonggak sejarah baru dalam perkembangan ekonomi digitalnya dengan peresmian data center dan Hyperscale EdgeConneX perluasan jejak pusat datanya di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (13/9). 

Data center ini akan menjadi pusat pengelolaan dan penyimpanan data yang kritis untuk perusahaan-perusahaan besar, pemerintah, dan layanan digital. Hal ini diharapkan akan mengubah lanskap digital di Indonesia.

“Seiring dengan berkembangnya ekonomi digital menuju era baru dan pertumbuhan bagi bangsa kita, peresmian kampus pusat data hyperscale terbaru EdgeConneX merupakan langkah penting dalam mewujudkan visi Indonesia untuk masa depan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca juga: XCMG Perluas Pasar dengan Garap Pasar Pertambangan Emas dan Tembaga

Luhut berpesan kepada CEO dan Co-Founder EdgeconneX, Randy Brouckman, bahwa Indonesia membutuhkan sekitar 1 hingga 1.5 gigawatt data center secara rutin.

"Ketika Anda mengatakan kita memiliki hingga 130 gigawatt, saya sangat senang. Hal ini memungkinkan Indonesia mendukung banyak aspek dalam bidang data center. Saya juga senang dengan kerja sama internasional yang Anda miliki, sehingga kami dapat berkomunikasi secara berkelanjutan untuk mewujudkan data center ini," lanjutnya.

Baca juga: PT Telkom Bakal Bangun Data Center Lebih Masif Lagi

Randy Brouckman mengungkapkan terima kasihnya kepada para pelanggan atas perluasan kapasitas pusat data yang signifikan yang diperlukan untuk mendukung ekonomi digital.

"Kami juga berterima kasih atas dukungan mitra lokal kami di Jakarta. Kami tidak dapat mewujudkan visi kami untuk menjadi operator pusat data terkemuka di Indonesia tanpa kemampuan, hubungan lokal, dan keahlian pasar yang dimiliki para mitra kami.“ sambungnya.

EdgeConneX juga mengumumkan keberhasilan pelaksanaan transaksi penting senilai US$403,8 juta untuk Sustainability-Linked Senior Facilities, yang mempercepat rencana ekspansi dan inisiatif ramah lingkungan perusahaan untuk jejak pusat data di Jakarta, Indonesia. 

Transaksi perdana ini membuka jalan bagi peningkatan kemampuan keberlanjutan, termasuk efisiensi daya, sumber energi terbarukan, dan langkah-langkah keamanan yang lebih baik bagi EdgeConneX untuk mengembangkan beberapa pusat data di wilayah ini yang akan membawa kampus hyperscale Indonesia di Jakarta menjadi lebih dari 120 MW.

Selain itu, peresmian data center EdgeConex ini juga akan menciptakan peluang kerja baru dalam industri teknologi informasi di Indonesia, yang akan berdampak positif pada pengentasan pengangguran. Dengan peresmian ini, Indonesia semakin siap untuk menghadapi tantangan era digital dan meningkatkan daya saingnya di tingkat global. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat