visitaaponce.com

Laba Menurun, Kinerja Amman Mineral Masih Tangguh

Laba Menurun, Kinerja Amman Mineral Masih Tangguh
Pencatatan saham IPO Amman Mineral(Istimewa)

PT Amman Mineral Internasional berhasil membukukan laba bersih sebesar US$118,8 juta atau sekitar Rp1,83 triliun pada semester pertama 2023. Angka tersebut turun 79% dari capaian di periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai US$580,52 juta.

Direktur Utama Amman Mineral mengungkapkan penurunan tersebut terjadi karena, selama hampir tujuh bulan, yakni dari Oktober 2022 hingga April 2023, lokasi tambang perusahaan diguyur curah hujan yang tinggi, hampir dua kali lipat rata-rata tahunan historis. Itu menyebabkan tertundanya penambangan bijih segar dari Fase 7. Kondisi tersebut membuat operasional perusahaan dialihkan ke proses pengupasan batuan penutup Fase 8.

Kendati demikian, Analis dan Senior Investment Information dari Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta, memandang kinerja Perusahaan dengan kode emiten AMMN itu masih tangguh.

Baca juga: Delta Dunia Group Catatkan Hasil Signifikan di Semester Pertama 2023

Dia meyakini, penurunan kinerja yang disebabkan faktor cuaca hanya bersifat sementara. Kekhawatiran akan resesi global juga dinilai tidak akan berlanjut mengingat kinerja perekonomian kuartal kedua negara-negara besar seperti Amerika, Serikat, Jepang, Tiongkok, mulai menunjukkan tren positif.

"Dengan melihat kinerja ekonomi dari negara-negara di atas, permintaan mineral diproyeksikan akan semakin baik. Nantinya akan berpengaruh pada emiten yang ada di Indonesia, seperti AMMN yang memproduksi tembaga dan emas," tegas dia.

Baca juga: BNI Catat Kenaikan Kredit 8,8%

Untuk prospek jangka panjang, Amman Mineral juga dianggap menjanjikan. Mereka mulai menjalankan proyek ekspansi dengan memperluas fasilitas pengolahan dan pembangkit listrik, serta pembangunan smelter tembaga dan pemurnian logam mulia yang ditargetkan rampung secara mekanis di bulan Mei 2024.

"Jadi masih on the track, prospek kinerja akan terbilang positif dari segi kuartal ke kuartal, bukan hanya year-on-year saja yang positif. Jika kinerja diproyeksikan masih positif, maka akan memberikan pengaruh baik ke kinerja saham AMMN," tandasnya. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat