visitaaponce.com

PT Amman Raih Tiga Penghargaan Good Mining Practice Award 2023

PT Amman Raih Tiga Penghargaan Good Mining Practice Award 2023
PT Amman Mineral Nusa Tenggara (Amman) meraih tiga penghargaan sekaligus pada ajang Good Mining Practice Award 2023.(Ist)

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (Amman), anak perusahaan PT Amman Mineral Internasional Tbk (kode saham “AMMN”) berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus pada ajang Good Mining Practice Award 2023 yang dianugerahkan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Prestasi ini mengulang prestasi Amman tahun lalu, yang juga meraih tiga penghargaan di GMP Award 2022.

Amman mendapatkan tiga penghargaan Good Mining Practice Award 2023 untuk kategori Pertambangan Mineral dan Batu Bara, yaitu Piagam Penghargaan Aditama Pengelolaan Perlindungan Lingkungan, Piagam Penghargaan Utama Pengelolaan Teknis Pertambangan, serta Piagam Penghargaan Utama Standarisasi dan Usaha Jasa.

Baca juga: Laba Menurun, Kinerja Amman Mineral Masih Tangguh

Presiden Direktur Amman, Rachmat Makkasau, menjelaskan bahwa apresiasi ini merupakan buah dari upaya Amman yang secara konsisten menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.

“Sebagai salah satu perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia, Amman selalu berupaya untuk menjaga keseimbangan antara kegiatan pertambangan mineral dengan pelestarian lingkungan serta kesejahteraan masyarakat sekitar tambang," jelasnya.

"Keseimbangan ini merupakan bagian integral dari operasi bisnis yang berkelanjutan untuk mewujudkan visi perusahaan, yaitu menciptakan warisan terbaik. Penghargaan ini semakin memotivasi Amman untuk selalu konsisten dalam setiap upayanya untuk mengedepankan prinsip tersebut,” jelas Rachmat.

Baca juga: Asa Medco Bangun Bisnis Berkelanjutan

Ketiga penghargaan tersebut diraih Amman melalui konsistensinya dalam menerapkan standar pada pengelolaan lingkungan di kegiatan pertambangan mineral melalui berbagai upaya pengelolaan lingkungan antara lain reklamasi, rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS), revegetasi, pembibitan tanaman, penanaman etnobotani dan berbagai program lainnya.

Melalui program-program tersebut, kini Amman telah menanam lebih dari lima juta pohon di area Amman beroperasi.

Baca juga: Amman Mineral Perkuat Transformasi Pertambangan

Di sektor inovasi lingkungan pada lingkup pertambangan, Amman melakukan beberapa inisiatif antara lain pemanfaatan energi terbarukan berupa PLTS Sumbawa, pemanfaatan limbah seperti penggunaan Fly Ash Bottom Ash (FABA), serta konservasi dan restorasi Gili Balu.

Good Mining Practice Award merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah kepada Badan Usaha Pertambangan mineral dan batu bara yang telah melakukan upaya untuk menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik, sekaligus sebagai tolok ukur hasil kinerja pembinaan dan pengawasan yang dilaksanakan oleh pemerintah. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat