visitaaponce.com

Electrolux akan Pangkas 3.000 Pekerja akibat Penjualan Merosot

Electrolux akan Pangkas 3.000 Pekerja akibat Penjualan Merosot
Mesin cuci Electrolux ditawarkan untuk dijual di toko pada 8 September 2014 di Chicago, Illinois, AS.(AFP/Scott Olson.)

PRODUSEN peralatan rumah tangga asal Swedia, Electrolux, mengatakan pada Kamis (27/10) bahwa pihaknya berencana memangkas sekitar 3.000 pekerja. Ini karena perusahaan melaporkan penjualan yang lebih rendah pada kuartal ketiga.

"Di tengah lemahnya permintaan konsumen dan tekanan persaingan di pasar, Electrolux Group meningkatkan upaya pengurangan biaya untuk mengembalikan margin," kata perusahaan itu dalam suatu pernyataan. Langkah-langkah tersebut diperkirakan memengaruhi, "Sekitar 3.000 posisi," tambahnya.

Perusahaan melaporkan penurunan penjualan hampir delapan persen menjadi 33,4 miliar kronor (US$3 miliar) pada kuartal ketiga dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada Oktober tahun lalu, mereka mengumumkan akan memangkas 4.000 pekerjaan di seluruh dunia, terutama Amerika Utara.

Baca juga: Penjualan Rumah Baru AS Sentuh Puncak dalam Lebih dari Setahun

Pada Februari tahun ini perusahaan mengumumkan penghentian produksi di salah satu dari dua pabriknya di Hongaria. Pabrik ini mempekerjakan 650 orang.

Meskipun kembali ke zona hitam pada kuartal ketiga dengan laba bersih sebesar 123 juta kronor, dibandingkan dengan kerugian sebesar 625 juta kronor pada tahun sebelumnya, perusahaan melaporkan kerugian bersih gabungan sebesar 1,1 miliar kronor untuk tiga kuartal pertama tahun ini.

Baca juga: Siemens Energy Cari Bantuan Negara karena Krisis PLTA Miliknya

Pada kuartal ketiga, kelompok ini mempekerjakan sekitar 44.600 orang. Jumlah ini turun dari 51.400 orang pada tahun sebelumnya.

Electrolux meraup keuntungan selama pandemi ketika konsumen yang tinggal di rumah mengalihkan perhatian mereka untuk menyegarkan rumah mereka. Namun perusahaan tersebut kemudian dilanda gangguan rantai pasokan dan kini kesulitan beradaptasi dengan permintaan yang lebih lemah.

Saham Electrolux turun lebih dari 11% pada perdagangan pagi di bursa saham Stockholm. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat